Ponpes Al Arfah Sindangbarang Bogor, Fokus Membentuk Karakter Santri Yang Beriman dan Berakhlakul Karimah

45

Berantasonline.com Bogor

Sejarah mencatat, bahwa pesantren memiliki peranan yang sangat besar
dalam memajukan pendidikan di Indonesia selama ini.

Kelebihan pesantren terletak pada keberadaannya yg multifungsional yaitu sebagai lembaga pendidikan, dakwah, dan perjuangan.

Agar pesantren tidak kalah majunya dengan lembaga pendidikan lain, maka salah satu usaha yg dilakukan pesantren adalah dengan mengembangkan pendidikan formalnya dan pendidikan ekstranya.

Hal ini pula yg dilakukan pesantren Al Arfah yang terletak di Kelurahan Sindang Barang Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Berawal dari perjuangan seorang Pendidik bernama H. Imam yang bercita cita mendirikan sebuah pesantren yang fokus dalam membentuk karakter santri beriman dan berakhlakul karimah.

Wartawan Berantas dalam kesempatan wawancara singkat dengan Pimpinan Ponpen Al Arafah, H. Imam menceritakan. “Saya dengan mengucapkan Bismilahhirohman nirohim laahaulawalakuata ilabilahi Pondok Pesantren Al Arfah & Majelis Dzikir Riyadhuł Anaam dapat berdiri. Kami berusaha berperan dalam pembentukan karakter santri yang
beriman dan berakhlakul karimah, adapun metode yang dijalankan yakni pendidikan partisipatif baik dalam pendidikan formal maupun non formal”, ujarnya, Selasa (10/3).

H.Iman menambahkan, setiap santri yang masuk rata rata berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial. “Kami tidak bebani biaya pendidikan, cukup semampunya saja untuk kebutuhan makan santri” pungkasnya.

(Ii Syafrillah)