Polres Bogor Selesaikan Perbaikan Berkas Kasus Penistaan Agama di Masjid Sentul

55

berantasonline.com (BOGOR)

Polres Bogor menyerahkan berkas perbaikan perkara wanita pembawa masuk anjing ke Masjid Al-Munawaroh, Sentul, Kabupaten Bogor. Sebelumnya berkas itu dikembalikan oleh kejaksaan untuk diperbaiki.

“Kami sudah serahkan kembali kemarin tanggal 1 Agustus, sekarang menunggu lagi apa ada perbaikan lagi dari pihak kejaksaan, saya kira kurun waktu sampai 1 bulan,” ujar Kapolres Bogor, AKBP Andy Mohammad Dicky, Sabtu (3/8/2019).

Dicky tidak menyampaikan berkas perbaikan apa yang diserahkan oleh pihaknya kepada kejaksaan. Hanya saja, proses hukum yang melibatkan SM sebagai tersangka ini akan terus berlanjut.

“Kami jelaskan bahwa kasusnya ini sudah bergulir dan dalam proses pemeriksaan pihak kejaksaan berkasnya. Dari tanggal 10 Juli berkasnya sudah dilimpahkan ke kejaksaan kemudian diperbaiki lagi dan untuk kekurangannya tidak etis saya sampaikan di sini,” tutur Dicky.

Dia juga memastikan bila SM mengalami sakit jiwa proses hukum di kejaksaan akan tetap berlanjut hingga diputuskan pengadilan.

“Kasusnya akan berlanjut sampai pengadilan karena di Pasal 44 KUHP ayat 2 itu segala sesuatu terkait pelaku pidana yang diduga gangguan kejiwaan itu nanti diputuskan di pengadilan,” katanya.

Dia juga memastikan bahwa kasus ini akan berjalan secara transparan. “Kami juga sepakat berdasarkan hasil penyelidikan bahwa ini merupakan kasus penistaan agama jadi tidak ada yang perlu dipermasalahkan lagi terhadap kasus ini tinggal ditunggu saja kasusnya mudah-mudahan cepat disidangkan,” harapnya.

(Wahyu)