Polisi Bubarkan Pesta Pernikahan Warga Lubuk Basung Ditengah Wabah Corona

361

Berantasonline.com (Agam-Sumbar)

Warga di Lubuk Basung Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, nekat menggelar pesta pernikahan di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

Acara tersebut akhirnya dibubarkan polisi.

Kapolsek Lubuk Basung, Iptu John Hendriks, SH mengatakan, pesta pernikahan berlangsung di Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

“Pembubaran acara pesta nikah sesuai intruksi atasan dan bersama tim dari Polres Agam, Sabtu (10/10/2020), ujar John kepada awak media melalui pesan singkat, Minggu (11/10/2020).

Pembubaran pesta tersebut, sambung dia, sesuai dengan imbauan pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), sampai situasi dan kondisi benar-benar membaik.

Sebelumnya polisi sudah mengimbau masyarakat tidak menggelar pesta pernikahan atau kegiatan yang melibatkan banyak orang bahkan dari luar kota.

Namun, petugas masih menemukan warga yang nekat menggelar pesta pernikahan.

Operasi dipimpin langsung Kabag Ops. Polres Agam, AKP Antoni Dachi didampingi Kapolsek Lubuk Basung, IPTU John Henriks,SH.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Agam, Martias Wanto mengatakan, Aturan tentang peniadaan pesta pernikahan sudah di keluarkan, jauh sebelum Kabupaten Agam ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid-19.

“Jika masih melaksanakan pesta pernikahan, konsekuensinya ya dibubarkan. Kita tetap memperboleh prosesi akad nikah asalkan tetap sesuai aturan, namun pestanya tetap kita larang,” ujarnya.

Saat ini bersama Polres Agam dan Pihak terkait lainnya, Pemda Agam gencar melaksanakan sosialisasi Perda Nomor 6 Tahun 2020, tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Insyaallah, sosialisasi susah kita laksanakan secara maksimal dan Perda AKB sudah bisa dijalankan senin besok, jika ada yang melanggar akan ada sangsi tegas,” pungkasnya.

(Delco Fitril,S.IP)