POCARI SWEAT SELENGGARAKAN MEDICAL DISCUSSION WEBINAR BAGI PARA DOKTER

35

berantasonline.com Jakarta

Sebagai bentuk kepedulian dengan masih banyaknya kasus kematian akibat Demam Berdarah di Indonesia, ditambah lagi dalam kondisi pandemic COVID-19 yang berkepanjangan, maka POCARI SWEAT bekerjasama dengan aplikasi Docquity, bakal mengadakan seminar kesehatan online. Webinar dengan peserta dokter ini bisa diikuti secara gratis oleh seluruh dokter umum di Indonesia dan mendapatkan 2 E-SKP.

Tujuan acara ini untuk pembekalan kepada para dokter mengenai update pengetahuan dalam tata laksana deteksi dan penanganan Demam Berdarah ditengah pandemic COVID-19. Selain itu, juga untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya peran cairan elektrolit, dalam penanganan kasus demam berdarah. Medical Discussion Webinar ini akan diselanggarakan pada tanggal 12 Desember 2020 jam 10:00 WIB di Docquity App yang merupakan platform edukasi di bidang kedokteran.

POCARI SWEAT sudah sejak lama peduli dengan penanggulangan kasus demam berdarah. Seperti yang di ketahui saat ini musim penghujan mulai tiba, biasanya akan ada lonjakan angka kasus demam berdarah di Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pasien demam berdarah di Indonesia hingga 18 November 2020 mencapai 95.471 kasus, dengan jumlah kematian 656 orang.

POCARI SWEAT bekerjasama dengan Docquity Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) turut membantu mengatasi masalah tersebut dengan mengadakan webinar untuk menekan jumlah penderita demam berdarah bagi para dokter umum.

Pembicara dalam seminar ini adalah Dr. dr. Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI dengan materi Dengue Management During Pandemic, selain membahas mengenai demam berdarah juga akan membahas mengenai demam di situasi pandemi dan penggunaan sosial media bagi para dokter yang akan disampaikan oleh dr. Gia Pratama dengan materi Fever and Dehydration, serta dr. Darrel Fernando, Sp.OG dengan materi Social Medica Educational Content Workshop.

Dengan seminar ini diharapkan agar kewaspadaan terhadap demam berdarah semakin tinggi, dokter umum diharapkan semakin mengerti dan mengetahui mengenai deteksi dan penanganan Demam Berdarah di tengah pandemi, serta mengoptimalkan social media agar komunikasi dan edukasi para dokter kepada masyarakat semakin optimal.
Informasi lebih lanjut mengenai free webinar ini, bisa menghubungi (call/wa) Arum 0813 8705 0042 (Docquity Team).

Tentang Pocari Sweat-
POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1989 dalam kemasan kaleng 330 ml, dan kemudian tahun 2001 untuk kemasan sachet berisi serbuk 15 gr. Saat ini ada beberapa variant kemasan POCARI SWEAT yaitu kaleng 330mL, sachet 15 gr, sachet 37gr, botol PET 350mL, 500mL, 900mL dan 2L.

Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan ion yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa. Mengkonsumsi POCARI SWEAT dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

Selain itu, POCARI SWEAT alami dan terukur, yaitu dibuat tanpa menggunakan bahan Pengawet, Pemanis Buatan, Soda dan Kafein, sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja untuk mencegah dehidrasi.

Dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga
membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

KENAPA PERLU POCARI SWEAT?
Apapun aktivitas yang kita lakukan, baik itu di rumah maupun di kantor, tubuh kita pasti akan mengeluarkan keringat, misalnya ketika kita melakukan pekerjaan sehari-hari seperti memasak, menyetrika, membersihkan rumah, ataupun bekerja di dalam maupun di luar ruangan.

Bekerja di ruangan ber AC seperti di gedung perkantoran juga membuat tubuh kita kehilangan cairan tubuh yaitu melalui pernafasan, urin dan penguapan melalui kulit. Bahkan ketika sedang tidur pun tubuh akan tetap mengeluarkan cairan sebanyak 350 ml , dimana 1/3 bagian hilang melalui pernafasan dan 2/3 bagian hilang melalui penguapan dari kulit yang diserap oleh kasur, seprai, dan lain-lain.

Jika kulit mulai terasa kering itulah tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan. POCARI SWEAT dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang ini karena komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh.

Menurut penelitian dehidrasi membuat tubuh lebih cepat lelah. Cairan tubuh juga berfungsi mengatur suhu tubuh, termasuk menormalkan kembali suhu tubuh yang meningkat, dengan cara mengeluarkan keringat.

Tubuh yang dehidrasi akan kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu tubuh dan hal ini dapat berakibat fatal. Itulah sebabnya di saat demam, tubuh pun memerlukan cairan tubuh yang cukup agar suhu tubuh dapat terus terjaga keseimbangannya.

Cairan tubuh memiliki arti sangat penting untuk menjaga kesehatan, karena itu kekurangan cairan tubuh sedapat mungkin harus dihindari. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang inilah diperlukan minuman isotonik seperti POCARI SWEAT yang telah teruji aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, POCARI SWEAT juga dapat menjaga osmolaritas cairan tubuh.

MENGAPA KITA PERLU MINUMAN ISOTONIK?
Cairan tubuh kita terdiri dari air dan ion, sehingga pada saat kita kehilangan cairan tubuh, artinya kita kehilangan tidak hanya air, tapi juga ion tubuh. Ion memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelelahan pada otot (muscle fatigue). Salah satu penyebab kelelahan adalah terhambatnya glikolisis atau pemecahan glikogen (simpanan glikogen) menjadi tenaga. Seharusnya asam laktat dapat digunakan sebagai cadangan tenaga, namun karena tubuh kurang cairan, proses perubahan itu menjadi terganggu.

Minuman isotonic memiliki tekanan cairan yang sama dengan cairan tubuh sehingga sel-sel tubuh kita bisa selalu dalam keadaan homeostasis.

Sel tubuh kita dalam lingkungan yang berbeda; hipotonik, isotonic dan hipertonik, akan memiliki kondisi yang berbeda pula. Bentuk sel yang paling baik adalah dalam kondisi yang isotonic, dimana dalam kondisi di lingkungan hipotonik sel akan membengkak dan pecah dan sebaliknya di lingkungan yang hipertonik sel akan mengkerut dan mati. Selain itu, kandungan ion di dalam minuman isotonic dapat membantu tubuh untuk menahan cairan lebih lama, sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi.

*Tentang PT. Amerta Indah Otsuka

PT. Amerta Indah Otsuka berdiri sejak 1997, merupakan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang. Memiliki total jumlah karyawan lebih dari 1300 orang dan berkantor pusat di Wisma Pondok Indah Lt. 7,, Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V – TA, Jakarta 12310. Memiliki dua buah pabrik yang berlokasi di Jl. Siliwangi Km. 28, Kp. Sindangresmi RT. 07/04, Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Sukabumi 43359 dan di Jl. Raya Pasuruan- Malang KM 11, Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kab Pasuruan 67172.

PT. Amerta Indah Otsuka didukung dengan jaringan distribusi yang tersebar diseluruh Indonesia. Produk yang berada dibawah naungan PT. Amerta Indah Otsuka adalah POCARI SWEAT, minuman isotonik yang terkemuka di Indonesia dan telah mendapatkan berbagai sertikasi ISO antara lain ISO 9001:2008 (Sistem Management Mutu), ISO 22000:2005 (Sistem Keamanan Pangan) dan ISO 14001:2004 (Sistem Manajemen Lingkungan), dan SOYJOY fruit soy bar, camilan sehat dari kedelai dan buah-buahan, dan Pocari Sweat ionessence minuman untuk melembapkan kulit.

(Rls/red.1)