Pocari Sweat dan RS Azra Bogor Edukasi Penanggulangan Demam Berdarah

77

berantasonline.com (Bogor)

Sebagai bentuk komitmen POCARI SWEAT untuk mengajak masyarakat agar tetap sehat POCARI SWEAT bekerja sama dengan Rumah Sakit Azra untuk membantu mengatasi dehidrasi dan memberikan edukasi mengenai demam berdarah dengan mengadakan melaksanakan “Mini Seminar Pentingnya Mencegah dan Kenali Cara Mengobati Demam Berdarah” yang diselenggarakan tanggal 29 Januari 2020.

Brand Communication Executive Pocari Sweat, Yudit Oktaneldanora mengatakan kebocoran plasma dan demam yang tinggi bisa mengakibatkan pengentalan darah sehingga, pasien bisa mengalami syok dan berujung pada kematian.

Menurut rekomendasi WHO, bahwa air putih saja tidak cukup untuk pasien demam berdarah. Mengutip Comprehensive guidelines for prevention and control od dengue and dengue hemorrhagic fever (2011) yang dikeluarkan oleh WHO, bahwa pasien demam berdarah dianjurkan mendapat

“Asupan Cairan yang cukup (bukan air putih biasa) seperti susu, jus buah, Minuman elektrolit isotonik, Minuman rehidrasi oral dan air tajin. Waspadai overhidrasi pada bayi dan anak-anak.” jelas Yudit.

Kegiatan acara ini, kata Yudit adalah membahas tentang bagaimana cara mencegah dan mengenali gejala DBD, pengaturan makanan pada saat kita terkena DBD, serta bagaimana agar tetap terhidrasi pada saat terkena DBD terutama jika terjangkit pada anak-anak maupun orang dewasa. Peserta dari kegiatan ini, adalah masyarakat awam dan masyarakat yang pernah menjadi korban DBD.

Mini Seminar secara spesifik menjelaskan tentang seperti apa ciri-ciri nyamuk yang menggigit manusia hingga dapat menjadi DBD. Pencegahan agar tidak terjadi situasi demam berdarah yaitu dengan cara 3M serta dapat dilakukan pemberian ikan hidup ke dalam bak mandi, ikan tersebut ternyata akan memakan jentik-jentik yang ada di dalam bak mandi, oleh karena itu pencegahan tersebut dapat menjadi solusi lain.

Gejala apa saja yang menimbulkan DBD sehingga harus segera melakukan perawatan ke Rumah Sakit, karena gejala yang ditimbulkan terjadi biasanya sangat mirip dengan gejala batuk, pilek biasa. Terdapat juga penjelasan melalui sudut pandang ahli gizi untuk pasien yang biasanya memiliki kondisi ingin mual dan muntah.

Minuman yang tepat dalam penanganan pada kasus tersebut adalah yang mengandung ion, karena tubuh kita pada saat terjadi diare maupun DBD akan kehilangan banyak cairan. Manfaat dari Ion itu sendiri adalah untuk membantu proses penyerapan cairan dan membantu menahan cairan lebih lama didalam tubuh. Pocari Sweat, adalah minuman yang memiliki kandungan komposisi air dan ion yang paling mirip dengan cairan tubuh kita. (Red.1)