PN Kelas 1A Cibinong Gelar Sidang Istimewa Capaian Kinerja Tahun 2019

116

berantasonline.com (Bogor)

Pengadilan Negeri Kelas 1A Cibinong membuat gebrakan baru yang belum pernah dilaksanakan selama ini, dalam penyampaiannya ketua pengadilan Irfanudin, S.H, M.H, dihadapan para undangan termasuk Bupati Bogor Ade Yasin serta para Muspida lainnya pihaknya menggelar sidang istimewa dengan menyampaikan laporan yang memuat perkembangan dan pencapaian kinerja selama tahun 2019 yang bertempat di ruang sidang utama pengadian negeri Cibinong , Rabu 29/1.

“Laporan Tahunan ini merupakan salah satu bentuk penyajian informasi sekaligus pelaksanaan pertanggungjawaban Pengadilan Negeri Cibinong kepada publik atas pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan Negeri Cibinong sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman pada tingkat pertama,” kata Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, Irfanudin, S.H, M.H.

Lebih lanjut ketua pengadialan mengatakn pihaknya sadar betul bahwa banyak hal yang sudah mencapai target baik perkara di tahun 2018 hingga tahun 2019 ,namun demikian pihaknya juga menyadari ada juga beberapa perkara yang belum terselesaikan ungkapnya.

Namun terlepas dari semua itu pihaknya sangat mengapresiasi para jajarannya sebab Prestasi yang telah dicapai oleh Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA, sangat membanggakan, pihaknya berharap prestasi ini agar menjadi cambuk untuk terus meningkatkan pelayanan publik dan kinerjanya di masa yang akan datang, sesuai dengan motto Pengadilan Negeri Cibinong : “SIMPATIK”, yakni: Sinergi Integritas Mandiri Profesional Akuntabel Transparan Inovatif dan Kompeten menuju Pengadilan Negeri Cibinong yang terbaik.

“Laporan Tahunan ini kami sajikan, untuk dapat memberikan gambaran umum dan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik tentang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Negeri Cibinong,” lanjutnya.

Sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman di wilayah hukum Kabupaten Bogor selama tahun 2019. Ungkap Irfanudin, dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut masih banyak kekurangan dan ketidaksempurnaan. Ia membuka diri terhadap kritik dan saran yang membangun dari semua kalangan demi terciptanya pelayanan publik yang prima di Pengadilan Negeri Cibinong.

Dalam penyampaiannya Irfanudin menjelasan, perkara yang masuk pada tahun 2019 sebanyak 898 perkara pidana dengan realisasi 85,9%, perkara tilang sebanyak 66.340 dengan realisasi 100%, sedangkan perkara perdata yang masuk sebanyak 1.134 terdiri dari 480 gugatan dan 654 permohonan dengan realisasi 69,3% gugatan dan 94,4% permohonan.

“Persentase penurunan sisa perkara pada 2019 ada 127 perkara pidana dan 213 sisa perkara perdata,” tuturnya.

( wiwin )