PMID Peringati HUT RI Dengan Program Pemanfaatan Limbah Botol Plastik

46

berantasonline.com (Bogor)

Rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 hari Minggu (18/8) diselenggarakan oleh Paguyuban Mitra Isteri Darmaga (PMID) bertempat di Sekretariat Jl. Pemuda Caringin Gg Masjid Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Ketua PMID Hj. Erna Pujiarti dalam laporannya mengatakan, bahwa dalam rangka Peringatan HUT RI ke 74 PMID turut serta membangun kualitas kaum perempuan agar menjadi pelopor dalam keluarga dan masyarakat.

Salah satunya dalam memperingati HUT RI, PMID mengadakan Program Pemanfaatan Limbah Botol Plastik menjadi berkah, mengapresiasi Program Pemerintah Kota Bogor untuk pengurangan dan penanggulangan sampah plastik.

“Semoga program yang diadakan oleh PMID akan membawa berkah kepada semuanya”, ujar Hj. Erna.

Dalam kesempatan itu pula Ketua PMID melaporkan, PMID yang berusia 41 tahun berasal dari Sekelompok Ibu Ibu tingkat RT di Dermaga Kaum terdiri 15 orang diprakarsai oleh Ibu Rd. Tuti Darajat tahun 1978 (kini anggotanya sudah mencapai lebih dari 200 orang…red).

Seiring berjalannya waktu, anggota bertambah, dan pada tahun 1998 perkumpulan ini menjadi sebuah organisasi, Mei 1998 resmi dibentuk Kepengurusan dibuat AD/ART Program kerja. Pemberian nama PMID (yaitu Pertemanan dalam jalinan Silaturrahmi para isteri) dengan program sosialnya menyantuni anak yatim sebanyak 115 orang dan kaum duafa sebanyak 95 orang.

Dalam bidang Sosial Budaya, PMID mempunyai berbagai kegiatan termasuk memperingati Hari hari Besar Islam, kegiatan olahraga senam dan jalan sehat secara rutin.

Dalam kesempatan itu, Lurah Dermaga Yudi Maryudi menyatakan, menyambut baik berbagai program yang dilaksanakan PMID, dan berharap agar Ibu Ibu PMID turut dalam program Dasa Wisma dalam rangka mendukung Program Pemda Kota Bogor.

Pada kesempatan itu pula, Fajari Aria Sugiarto Anggota DPRD Kota Bogor terpilih mengapresiasi berbagai kegiatan sosial PMID, khususnya dalam bidang penanggulangan sampah plastik dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan HUT RI ke 74 PMID diisi dengan pementasan paduan suara, tari tarian tradisional sunda dan lomba melukis pada botol plastik.

Puncak acara pembacaan puisi bertajuk ‘Sebuah Jaket Berlumuran Darah’, Karya Taufik Ismail, dibawakan oleh Seniman Jalanan Bujil Iskandar.

(bust)