Plt Kadis DPMP Harapkan BUMdes di Pesisir Barat, Kembangkan Budidaya dan Pengolahan Daun Kelor

183

Berantasonline.com (Pesisir Barat)

Plt kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Edwin Kastolani saat ditemui di kantor nya Kamis (2/12/2021) mengatakan pihaknya berencana ditahun 2022 nanti akan menghimbau dan mengarahkan seluruh pekon di kabupaten Pesisir Barat untuk membentuk Badan usaha Milik Desa (BUMdes) yang usahanya bergerak di bidang budidaya dan pengolahan Daun tanaman Kelor (Moringa Oleifera).

Bagaimana tidak kata Edwin, produk olahan berupa daun kelor yang sudah di keringkan, ataupun yang sudah berbentuk bubuk sangat laku dan digemari sebagai obat herbal. Produk olahan tanaman kelor tidak hanya laku di pasaran lokal tapi juga diekspor ke mancanegara. Sebutnya.

Ketertarikan Edwin selaku Plt Kadis DPMP kabupaten Pesisir Barat untuk mengarahkan BUMdes agar membuka usaha budidaya dan usaha pengolahan daun tanaman kelor didapat saat dirinya mendampingi ketua TP- PKK kabupaten Pesisir Barat Septi Istiqlal melakukan studi wisata ke daerah Blora Jawa tengah beberapa waktu lalu.

Saat kita ke Blora kita mengunjungi PT Moringa Organik Indonesia (MOI) disana kita lihat langsung bagaimana proses pengolahan daun kelor menjadi produk yang siap dipasarkan kata Edwin.
Dari hasil kunjungan tersebut pihak PT MOI siap memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat ataupun pihak BUMdes di Pesisir Barat yang berencana budidaya tanaman kelor.

Jika rencana budidaya dan pengolahan daun kelor bisa kita laksanakan di Pesisir Barat, diharapkan nantinya bisa jadi pendongkrak ekonomi berbasis kerakyatan. Karena tanaman kelor tumbuhnya bagus seperti di daerah Pesisir seperti di kita ini ujarnya.

Namun demikian tentunya sebelum program ini kita jalankan kita akan koordinasikan terlebih dahulu dengan dinas lain seperti dinas Perkebunan, dinas Koperasi dan perdagangan dan dinas terkait lainnya, pungkas Edwin.

(Benk)