PKBM NURUL FITRI KONSISTEN MEMAJUKAN PENDIDIKAN MASYARAKAT PANDEGLANG

176

berantasonline.com (Pandeglang Banten) -Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan prakarsa pembelajaran masyarakat yang didirikan oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

PKBM adalah suatu institusi pendidikan yang berbasis masyarakat, pendiri PKBM merupakan inisiatif dari masyarakat itu sendiri melalui suatu proses sosialisasi akan pentingnya pendidikan, sehingga keberlangsungan PKBM sepenuhnya menjadi tanggung jawab masyarakat itu sendiri.

PKBM Nurul Fitri yang terletak di Desa Babakanlor Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang, baru-baru ini telah menyelesaikan pembangunan gedung aula, ruang kelas, ruang guru, ruang lab komputer yang sumber dananya berasal dari dana pribadi pengelola dan sumbangsih masyarakat, bukan dari bantuan pemerintah.

“Proses pembangunan kini sedang di kejar mudah mudahan tidak ada hambatan agar segera bisa digunakan oleh peserta didik”, kata Lutfi Irawan, S.IP Ketua PKBM Nurul Fitri saat dijumpai wartawan berantasonline.com dikantornya, Minggu lalu.

“Sarana tersebut nantinya digunakan untuk persiapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang sebentar lagi digelar, pendidikan kesetaraan kejar paket B dan C, bahkan tidak hanya itu aula yang ada tidak hanya untuk kepentingan lembaga PKBM saja, dapat digunakan untuk yang lain juga oleh masyarakat nantinya karena kapasitas bisa menampung 200 orang lebih, adapun ruang kelas maksimal 30 orang”, jelasnya.

Menurutnya, meski pembangunan tidak didanai pemerintah, tidak menyurutkan semangat dirinya sebagai pengurus untuk memajukan lembaga PKBM Nurul Fitri. “Karena kami meyakini lembaga ini akan konsisten, maju dan bermanfaat bagi masyarakat”, ungkap Lutfi.

(Rais)