Pesona Pusaka Tanah Pasundan, Lestarikan Budaya Sejarah

50

Berantasonline.com Bogor– Pagelaran Pesona Pusaka Tanah Pasundan yang diadakan di Lippo Plaza Ekalokasari, Jalan Siliwangi, Bogor Timur, Kota Bogor, sebagai upaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya Pasundan. Dengan semangat masa lalu, melalui kegiatan ini untuk memotivasi generasi saat ini.

Hal tersebut, dikatakan Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman usai menghadiri acara pembukaan Pesona Pusaka Tanah Pasundan di lantai tiga Plaza Ekalokasari, Jumat (2/11/18), seiring sejalan dengan upaya yang tengah disiapkan Kota Bogor yang akan menjadi tuan rumah Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia pada 2021 mendatang.

“Mengenai hal ini (tuan rumah kongres) telah dibahas saat kongres keempat di Surakarta beberapa waktu yang lalu. Kegiatan semacam ini nantinya bisa dimunculkan di kongres kelima tahun 2021 nanti di Kota Bogor,” tuturnya.

Atas upaya-upaya yang dilakukan pihak penyelnggara, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) sangat mendukung. Apalagi bila dilihat antusiasme dari pengelola Lippo Plaza Ekalokasari yang sangat mendukung penuh kegiatan kali ini dengan menyediakan tempat bagi para budayawan melaksanakan aktivitasnya.

Pesona Pusaka Tanah Pasundan ini akan berlangsung hingga 4 November. Acara yang mendapatkan dukungan dari Disparbud, Dinas Pendidikan (Disdik), Lippo Plaza Ekalokasari, Sunda Langgeng Wisesa dan Yayasan Bung Karno itu menampilkan ratusan koleksi berbagai benda pusaka masa lalu seperti alat pertanian, pertukangan dan alat bela diri yang paling mendominasi seperti bermacam jenis golok, kujang, keris hingga tombak dan panah.
(DG79)