Perumahan Khusus Nelayan di Kecamatan Bengkunat Mulai Dibangun

130

berantasonline.com (Krui Lampung) – Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan perumahan khusus nelayan di Pekon Kuta Jawa, Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat, Rabu (18/4).

Dalam sambutannya Bupati menjelaskan, bahwa Kabupaten Pesisir Barat merupakan Kabupaten dengan predikat Daerah Otonomi Baru (DOB) yang sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Lampung Barat berdasarkan UU no. 22 tahun 2012 tanggal 17 november 2012.

Kabupaten termuda di provinsi lampung itu, memiliki luas wilayah ± 2.907,23 km². Sebagai kabupaten baru, Pesisir Barat sekarang sedang melakukan pembangunan berbagai infrastruktur, seperti pembangunanan rumah nelayan yang sekarang sedang dibangun di Kecamatan Bengkunat.

Karena memang sebagian besar wilayah kabupaten pesisir barat berada di garis  pantai dan sebagian besar warganya bermata pencaharian sebagai nelayan.

Rumah khusus nelayan ini merupakan yang ketiga kalinya di bangun Pemkab berjuluk “Negeri para sai bathin dan ulama” itu, setelah sebelumnya dibangunkan di Kecamatan Pesisir Tengah dan Kecamatan Lemong, masing masing 50 unit rumah.

Pembangunan rumah khusus nelayan merupakan bantuan dari kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) melalui Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) penyediaan perumahan provinsi Lampung tahun anggaran 2018.

Bantuan tersebut sebagai wujud nyata program nawacita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dengan program unggulanya pembangunan 1juta unit rumah baru.

Dan merupakan bukti nyata, negara hadir dalam kehidupan masyarakat nya, khususnya nelayan yang ada di kabupaten pesisir barat.

Pemerintah kabupaten Pesisir Barat sangat mendukung program yang dicanangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam memperbaiki taraf hidup nelayan melalui program pembangunan rumah khusus nelayan. (benk)