Perubahan Tanggal Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Memasuki Tahap Uji Publik

88
Peserta Uji Publik Naskah Akademis Pengusulan Ulang Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (foto : berantasonline.com/ist)

berantasonline.com (Sukabumi Jabar) – Para sesepuh dan berbagai kalangan masyarakat Kabupaten Sukabumi mempertanyakan keabsahan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 1945, karena dianggap lebih muda dari Hari Jadi Kota Sukabumi.

“Hal ini menjadi perhatian seluruh kalangan masyarakat, dan Pihak Pemerintah Daerah pun berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan mempertimbangkan Peraturan Perundangan yang berlaku”, demikian disampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dalam sambutannya pada Pembukaan Seminar Uji Publik Naskah Akademis Pengusulan Ulang Hari Jadi Kabupaten Sukabumi, bertempat di Aula Pendopo Sukabumi, Rabu (21/2).

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kab. Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri, M.Si., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cibadak, Guru Besar Ilmu Sejarah Dari Universitas Padjadjaran Prof Dr. Nina Herlina M.S., Pakar Hukum Dari Unpad Dr. Hernadi Affandi SH MH, Pakar Sosiologi Unpad Ade Kartawinata Phd, Mantan Bupati Sukabumi Periode 1995-2000 Drs. H. Maman Sulaeman, Budayawan, dan tokoh masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya Bupati mengatakan, untuk menjawab semua itu Pemerintah Daerah Meminta Bantuan Guru Besar Ilmu Sejarah dari Universitas Padjadjaran Prof Dr. Nina Herlina M.S., didampingi Pakar Hukum Dari Unpad Dr. Hernadi Affandi SH MH, dan Pakar Sosiologi Unpad Ade Kartawinata Phd, untuk membuat Naskah Akademis Sesuai Peraturan Kemendagri Tahun 2011, dengan terlebih dahulu membuat kajian dimana dari hasil kajian itulah diselenggarakan seminar untuk meminta pendapat dan pertimbangan yang selanjutnya akan diajukan kepada DPRD agar nantinya bisa disusun Perda Perubahan Hari Jadi.

Lebih lanjut Bupati mengharapkan, dengan dilaksanakannya Seminar ini dapat meluruskan sejarah terbentuknya Kabupaten Sukabumi dari masa Kolonial Hindia Belanda, Masa Pendudukan Jepang sampai dengan saat Ini. “Hasil Seminar Ini Mudah-Mudahan Dapat Menghasilkan Jawaban Dari Pertanyaan Masyarakat Tentang Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Sebenarnya” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Sukabumi Drs.H. Aam Amar Halim, M.Si. (Riswan)