Perkuat Sinergitas, Danlanud ATS Ajak Puluhan Wartawan Latihan Menembak dan Ramah Tamah

50

berantasonline.com (Bogor) – Untuk lebih menjalin tali silaturahmi dan memperkuat sinergitas dengan insan pers di wilayah Bogor dan sekitarnya, Komandan Pangkalan Udara Atang Sendjaja (Danlanud ATS) mengajak puluhan awak media untuk beramah tamah sekaligus latihan menembak di Lapangan Tembak ATS, Kemang, Bogor, Rabu (26/9).

Danlanud ATS Marsekal Pertama (Marsma) TNI Erwin Buana Utama mengatakan, pihaknya sengaja mengundang para awak media yang ada di Bogor Raya, karena menilai insan pers bagian penting dan mitra kerja TNI.

“Penting untuk menjalin silaturahmi dengan rekan – rekan insan pers. Karena kita juga punya kegiatan kegiatan yang perlu diketahui masyarakat, karena kita merupakan instansi negara yang dibiayai oleh rakyat. Instansi yang menggunakan dana APBN dan hal ini perlu diketahui oleh rakyat, karena TNI datang dari rakyat dan bekerja untuk rakyat,” ungkap Marsma TNI Erwin Buana Utama dihadapan para wartawan, Rabu (26/9/2018).

Lebih jauh Danlanud Atang Sendjaja mengatakan, seiring perkembangan zaman dan memasuki era digitalisasi, saat ini semakin tumbuh banyak perusahaan media. Dia berharap, insan pers bisa memberikan informasi yang dapat mengedukasi masyarakat dengan menyajikan berita yang berimbang, apalagi saat ini banyak isu isu yang provokatif dan tidak benar (hoaxs).

“Dari itu media harus lebih lugas, tegas dan berimbang serta bisa menentramkan dan mencerdaskan masyarakat  dalam menyikapi berita yang di sajikan di masing -masing media”, pungkasnya.

Dalam giat ini, Danlanud ATS tampak didampingi oleh Kadispers Kolonel (Pnb) Andi Picaulima, Kadisops Kolonel (Pnb) Fahlevie, Karumkit M. Hassan Toto Letkol (Kes) dr. Ngudiarto serta Dansatpom Letkol (Pom) Kadek Jaya.

Kegiatan yang dihadiri puluhan wartawan media cetak, televisi, online dan radio ini, digagas oleh Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud ATS Letkol (Sus) David Rumayara dan Forum Wartawan Harian Bogor Utara (FWHBU).

Sementara itu, MJ Fahri Ketua FWHBU dalam kata sambutannya mengatakan, sebagai insan pers kegiatan semacam ini perlu terus dilakukan untuk lebih meningkatkan sinergitas dengan TNI AU atau intansi lainnya.

Hal ini menurutnya, sebagai upaya untuk membuka ruang komunikasi dalam mencari informasi yang akan di berikan kepada masyarakat. Kang Fahri sapaan akrabnya, memberikan apresiasi tinggi atas sikap terbuka dan komunikatif dari seluruh jajaran pimpinan Lanud ATS.

Karena saat ini, lanjutnya, banyak sekali informasi yang beredar di medsos, tanpa ada verifikasi, klarifikasi dan tentu cenderung liar atau tidak valid. “Jadi perlu ada edukasi bagi masyarakat agar bijak dalam menerima setiap informasi. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan sinergitas antara media dan seluruh instansi pemerintah. Agar karya atau produk jurnalistik bisa tetap menjadi rujukan  informasi yang benar dan  berimbang”, pungkas Fahri.

( DG79/ Not )