Peratin Jangan Jadikan PBB Sebagai Dagangan Politik

130

berantasonline.com (Krui Lampung) – Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal meminta para Peratin (Kepala Desa) di Kabupaten itu untuk tidak menjadikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai komoditas politik yang digoreng pada saat Pemilihan Peratin agar kembali terpilih memimpin masyarakatnya.

“Ada yang menjanjikan kalau dirinya terpilih menjadi peratin maka PBB pekon itu akan dilunaskan semua,” kata Bupati pada Rakor Bulanan Pemkab yang digelar di Pekon Rata Agung Kecamatan Lemong, Rabu (21/2).

Pembayaran PBB, kata Agus, secara aturan memang menjadi kewajiban bagi masyarakat, dikhawatirkan dengan pernyataan tersebut, maka dapat saja seorang peratin akan tetap “memainkan” uang negara yang diamanahkan pemerintah untuk pembangunan pekon setiap tahunnya melalui dana desa, malah disisipkan dengan berbagai cara oleh Peratin untuk melunasi PBB masyarakatnya, sesuai dengan janji kampanye. Hal tersebut jelas menyalahi aturan.

“Kalau saya lolos, PBB lunas. PBB jangan dijadikan komoditas politik,” kata Bupati.
Bupati memerintahkan para camat diwilayah masing masing agar dapat mengontrol para peratin yang ada diwilayahnya. Untuk pembenahan kedepan lebih baik lagi.

Masih terkait persoalan di pekon pekon kabupaten itu, Pihaknya juga menemukan gaji atau honor para aparat pekon di kabupaten, dimasing masing pekon berbeda. “ya gaji aparat lembaga himpunan pekon saja , ada yang beda di masing masing pekon, ” kata dia. (Irsy)