Penyelenggaraan Pemilu di Pesisir Barat Diharapkan Bebas Korupsi

113

berantasonline.com (Pesisir Barat LAMPUNG) – Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menghadiri acara sosialisasi pencegahan korupsi pada penyelenggaraan pemilihan Presiden dan Legislatif serentak tahun 2019, bertempat di gedung wanita, komplek perkantoran Pemda Pesisir Barat, Kamis (21/2).

Dalam sambutannya, Bupati Pesisir Barat menyampaikan, sebagaimana amanat UU Republik Indonesia nomor 42 Tahun 2008 tentang pelaksanaan pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, dan UU Nomor 10 Tahun 2008 tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD dan Pilpres dilaksanakan secara efektif dan efisien berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Menurut Bupati, Pemilihan Umum di tingkat Nasional maupun Daerah kerap menjadi sumber korupsi di indonesia. Hal itu disebabkan adanya korelasi atau hubungan saling ketergantungan di antara politisi, penguasa, dan pengusaha yang melanggengkan perbuatan korupsi itu pada setiap pemilihan umum.

“Tujuan diadakan sosialisasi adalah upaya pencegahan dan meminimalisir korupsi dalam penyelenggaraan Pilpres dan Pileg serentak tahun 2019 di kabupaten Pesisir Barat. Saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam pencegahan korupsi di daerah khususnya dalam Pilpres dan Pileg serentak tahun 2019 ini, demi terwujudnya pemilu yang bebas, rahasia, jujur, dan adil”, pungkas Bupati.

Turut hadir dalam acara sosialisasi, Sekdakab Azhari, Asisten I Lingga Kesuma, Ketua KPUD Pesibar Yurlisman, dan ketua Bawaslu Irwansyah.

(Benk)