Pengurus PWI Kabupaten Bogor dan SMSI Dilantik

124
Penyerahan Bendera Pataka PWI oleh Wakil Ketua PWI Jabar M. Syafrin kepada Ketua PWI Kab Bogor H. Subagiyo.

berantasonline.com (Bogor) – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari menghadiri acara pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Bogor masa bhakti 2018-2021 di Gedung Tegar Beriman, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong, Rabu sore (26/12).

Dalam kegiatan pelantikan pengurus PWI Kab Bogor tersebut, turut pula dilakukan pelantikan pengurus SMSI Perwakilan Bogor periode 2018-2023 yang disaksikan Ketum SMSI Pusat Auri Jaya.

Nampak hadir Bupati Bogor Hj. Nurhayanti dan Bupati Bogor Terpilih Ade Munawaroh Yasin, Pengurus PWI dan SMSI Jawa Barat, Sejumlah Pimpinan Media, Muspida Kabupaten Bogor, Anggota Dewan, Kepala SKPD, Camat, Lurah, Ketua LSM, Aktivis, Pengacara, Ketua Ormas, OKP dan para Wartawan yang bertugas di wilayah Bogor, juga dimeriahkan musik lagu-lagu Koes Plus bersama Lakoestik Band.

Ketua Panitia Pelantikan Pengurus PWI, Drs. H. Bustanul Daham, M.Si dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Pemkab Bogor, para sponsorship, dan seluruh pihak yang telah menyukseskan acara tersebut.

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo dalam sambutannya menyatakan siap menjalin sinergitas dengan Pemkab Bogor terutama dalam hal peningkatan mutu wartawan Anggota PWI. “Sampai saat ini Anggota PWI yang telah menjalani UKW sebanyak 75 %, kami harapkan kedepan 100 % telah lulus UKW tentunya dengan dukungan Bupati Bogor”, ujarnya.

Ketum PWI Pusat, Atal S. Depari yang hadir didampingi Sekjen nya Mirza Zulhadi dalam sambutannya mengatakan, betapa pentingnya profesionalisme wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya yakni dengan meningkatkan kemampuan dirinya melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh PWI bekerjasama dengan Dewan Pers.

“Jika ada pihak yang mengatakan bahwa kewajiban dan pelaksanaan UKW bagi wartawan itu merupakan bentuk pemerasan terhadap wartawan yang harus mengeluarkan biaya, maka itu salah besar. Yang pasti, seorang wartawan harus profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” ujar Atal.

Hal senada juga dikatakan Ketum SMSI Pusat Auri Jaya, wartawan media siber atau online merupakan garda terdepan dalam memerangi dan melawan hoax (berita bohong-Red). Pasalnya, keberadaan SMSI yang merupakan wadah atau organisasi para pemilik sekaligus pengelola media online, merupakan para individu sebagai pengambil kebijakan pemberitaan dan pengelola media dalam segi bisnis usahanya.

“Untuk itu, saya berharap kepada Pengurus SMSI Bogor untuk bekerja secara profesional dan selektif dalam merekrut dan menampung para perusahaan-perusahaan media online yang legalitasnya lengkap,” tandasnya.

Penyerahan Bendera Pataka SMSI oleh Wakil Ketua SMSI Jabar kepada Ketua SMSI Perwakilan Bogor Piyarso Hadi.

Auri juga menambahkan, bahwa SMSI telah memiliki 32 cabang di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota mencapai 3700 media online yang sebagian sudah diverifikasi oleh Dewan Pers untuk memenuhi persayaratan agar SMSI menjadi konstituen Dewan Pers. “Mudah-mudahan, tahun depan 2019, SMSI segera masuk dan terdaftar sebagai konstituen Dewan Pers,” kata Direktur Bisnis dan IT Jawa Pos News Network (JPPN) tersebut.

Sementara itu, Bupati Bogor terpilih, Ade Munawaroh Yasin menyatakan, pihaknya nanti akan terus menjalin dengan media (Pers) dalam rangka mensinergikan antara Pemkab Bogor dengan Pers, khususnya dengan organisasi profesi wartawan seperti PWI dan organisasi media online dalam bidang penyebaran informasi kepada masyarakat untuk kepentingan pembangunan di kabupaten Bogor. Terlebih sekarang sudah ada SMSI, maka penyebaran informasi akan semakin cepat dan luas.

“Insya Allah, nanti kita akan sering menggelar pertemuan dan diskusi- diskusi dengan wartawan dari berbagai media yang ada di wilayah Kabupaten Bogor,” kata Ade Munawaroh yang akan segera dilantik oleh Gubernur Jawa Barat sebagai Bupati Bogor pada tanggal 30 Desember 2018 di Gedung Sate, Bandung.

Hal senada juga dikatakan Bupati Bogor Nurhayanti, ketika dirinya menjabat Sekda, kemudian menjadi Wakil Bupati dan Bupati Bogor, pihaknya selalu mengapresiasi kegiatan program-program PWI, khususnya dalam hal peningkatan kompetensi wartawan melalui UKW.

“Bahkan Pemkab Bogor sangat mengapresiasi program UKW yang dilaksanakan oleh PWI Kabupaten Bogor yakni, dengan memberi bantuan untuk penyelenggaraan UKW. Dengan adanya SMSI, maka PWI akan semakin bisa bersinergi dan saling mendukung penyebaran informasi kepada masayarakat Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

Adapun Kepengurusan PWI Kabupaten Bogor periode 2018-2021 yakni Ketua H. Subagiyo (Harian International Media), Wakil Ketua I Untung Bachtiar (Harian Radar Bogor),Wakil Ketua II Iwan Sukmawan (Harian Pos Kota). Sekretaris Nurrofik (kabarfaktual.com), Wakil Sekretaris A. Indrawan Heryadi (berantasonline.com), Bendahara Muhamad Basir (inilahonline.com) dengan dibantu oleh Seksi Advokasi Wartawan Bambang Irawan (Koran Berantas), Seksi Organisasi Dauri dan Seksi Kesejahteraan Hj. Nia Kurnia.

Dalam pelantikan kepengurusan SMSI Bogor (2018-2023) dengan wilayah kerjanya meliputi Kabupaten dan Kota Bogor adalah sebagai berikut, Dewan Penasehat HRM. Danang Donorosno (inilahonline.com), Ketua Piyarso Hadi (inilahonline.com), Sekretaris Suhairil Anwar (beritautama.net), Bendahara Edwin Suwandana (bogorbroadcast.com).

(indrawan)