Pengurus Muhammadiyah Laksanakan Sholat Idul Adha di Lapangan Hawai Beji Timur Gunakan Protokol Kesehatan

121

berantasonline.com (Depok)

Hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah, sesuai hasil sidang Isbat Kementerian Agama jatuh pada 31 Juli 2020. Selain menyembelih hewan kurban, umat Islam juga disunnahkan menunaikan sholat Idul Adha di pagi hari.

Anjuran untuk menunaikan sholat Idul Adha dan meyembelih hewan kurban tercantum dalam Al Quran surat Al Kautsar ayat 2:

Arab : فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَا نْحَرْ

Latin: fa sholli lirobbika wan-har

Artinya: Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)

  1. Jam Sholat Idul Adha 2020
    Dikutip dari buku ‘Fiqih Islam Wa Adillatuhu’ karya Prof Dr Wahbah Az Zuhaili para ulama sepakat waktu pelaksanaan sholat Ied setelah matahari terbit seukuran satu atau dua tombak atau kira-kira setengah jam setelah terbit.

Batas waktunya sampai sesaat sebelum tergelincirnya matahari atau sebelum waktu sholat Dzuhur tiba sama seperti waktu pelaksanaan sholat Dhuha. Sholat dilarang ketika matahari baru terbit maka diharamkan dan dimakruhkan setelahnya.

Menurut mazhab Hanafi, sholat yang dilaksanakan saat matahari terbit tidak dianggap melaksanakan sholat Idul Adha. Tetapi, sholat sunnah yang diharamkan.

Sementara itu, jam sholat Idul Adha disunnahkan untuk segera dimajukan bertepatan dengan para jamaah haji yang tengah berada di Mina. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Syafi’i bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menuliskan kepada Amr bin Hazm ketika ia berada di Najran,

“Hendaknya engkau menyegerakan sholat Idul Adha, menunda sholat Idul Fitri dan ingatkan lah orang-orang (terhadap larangan dan perintah agama).”

Dengan begitu, waktu menyembelih hewan qurban (Idul Adha) akan semakin banyak dan waktu untuk berzakat fitrah (Idul Fitri) juga semakin banyak.

  1. Niat Sholat Idul Adha
    Sebelum melaksanakan jadwal sholat Idul Adha 2020 ada baiknya menghafal niat sholat Idul Adha seperti di bawah ini

Arab:

أُصَلِّيْ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًاإِمَامًا) لِلهِ تَعَــــــــالَى

Latin: Ushallii sunnatan liidil adha rok’ataini (makmuman/imaaman) lillahi ta’alaa

Artinya: Aku berniat salat Idul Adha dua rakaat (sebagai makmum/imam) karena Allah ta’ala.

Pengurus Muhammadiyah ranting Beji untuk Iedul Adha 1441 thn 2020 menyelenggarakan sholat berjamaah di tempat terbuka yakni di lapangan bola Hawai Beji timur (di depan masjid At Taqwa) dengan tetap mengikuti protokal kesehatan yang sudah panitia tentukan, Rafid tes, cuci tangan, menjaga jarak dan slalu menggunakan masker.

Imam dan Khotib Drs H. Ahmad Rusydi Sabhani MA menyinggung tentang Covid – 19 yang melanda seluruh Bangsa di muka bumi kita dan cara umat Islam dalam menghadapi musibah ini dengan tetap mengikuti anjuran dari Pemerintah.

Ceramah ditutup dengan doa bersama dan dilanjut dengan pemotongan hewan qurban.

(Achmad Hudori)