Pengawasan dan Pengecekan Ormas dan LSM di Kabupaten Musi Rawas

148

berantasonline.com (Musi Rawas) – Jumat, 29 November 2019, pukul 10.20 s.d 16.10 WIB, di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, telah berlangsung kegiatan pengawasan dan pengecekan Organisasi Masyarakat (Ormas) di wilayah Kabupaten Musi Rawas oleh tim Kesbangpol Linmas.

Pengecekan Ormas dipimpin langsung Kaban Kesbangpol, H. Amra Muslimin S. Sos. SH. M. Si diikuti H. Muhamad. Ace, S. Sos (Kabid Wasnal Kesbang), H. Faisal S. Ag.M.Pd (Kabid Ketahanan, Ekonomi Seni Budaya dan Agama), Efran Sutanto (Kasubid Ketahanan Agama Kemasyarakatan dan Ekoml), Kausar (Kaposda BIN Musi Rawas), Bripka Heri Usman (Ps. Kanit Sosbud Sat Intelkam Polres Musi Rawas), Zulkarnain (Den Intel Kodam II Swj), dan Farmi (Ketua Forum Ormas Musi Rawas).

Pukul 10.25 tim tiba di Kantor Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (LKPK) alamat Jalinsum RT. 08 Kel. Pasar Muara Beliti Kec. Muara Beliti (samping Polsek Muara Beliti) yang diterima langsung oleh Sdr. Ali Mu’ap selaku Ketua LKPK beserta anggota lembaga.

Kepala kesbangpol H.Amra Muslimin lakukan pengawasan Ormas, sebelumnya kami telah melakukan rapat terkait rencana pengawasan dan pengecekan LSM/Ormas di kabupaten musi Rawas secara bertahap di setiap hari nya dan langsung ke lapangan.

Di antaranya Ormas/LSM yang ada di Musi Rawas sebanyak 70 Ormas/LSM, tetapi setelah dilakukan diverifikasi oleh Forum Ormas sebanyak 25 Ormas/LSM. Pengawasan dan pengecekan dilakukan bertujuan selain silaturahmi juga memberikan himbauan tentang aturan dalam Ormas, sehingga Ormas/LSM yang ada bisa tertib.

Untuk memudahkan koordinasi, diharapkan Ormas/LSM membuat tempat sekretariat dan berada di Kab. Musi Rawas. Forum Ormas yang ada menjadi koordinator dari Ormas/LSM yang ada, apabila dalam melakukan kegiatan terdapat kendala dalam berkoordinasi dengan OPD dan pihak terkait, melalui Forum Ormas dapat menyampaikan kendala tersebut kepada Kesbangpol Linmas, sehingga Kesbangpol Linmas mencari solusi dan menjembatani Ormas/LSM untuk dapat berkoordinasi dengan OPD dan pihak terkait tersebut.

Pukul 12.20 WIB tim tiba di rumah sekaligus Kantor Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Investigasi Negara (LIN) Kab. Musi Rawas dengan jaring lapor jala 1 diantaranya Mabes Polri, Kejaksaan, BNN, BIN, KPK, BNPT, Propam dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia, alamat Desa Kec. Tugumulyo diterima oleh Sdr. Zainuri selaku ketua dan Sdr. Heriyanto selaku sekrataris.

Pukul 13.45 WIB tim tiba di rumah sekaligus Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peknas Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional Kab. Musi Rawas, alamat Kartini nomor 507 B . Srikaton Kec. Tugumulyo diterima Sdr. Bambang Sudarto, SE selaku Ketua Ormas.

Pukul 14.15 WIB tim tiba di Kantor Komunitas Jaringan Aspirasi Rakyat Pendowo Limo Musi Rawas dan Forum Aspirasi Sunda Jawa Perantau Sumatera (Fasjapes) Musi Rawas, alamat Dusun III Desa D. Tegalrejo Kec. Tugumulyo diterima Sdr. Haerudin, S.Pd selaku Ketua Umum Pendowo Limo dan Sdr. Tarmizi selaku Ketua umum Fasjapes

Pukul 15.25 WIB tim tiba di Kantor Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Rakyat Peduli Kejujuran Nasional (LSM-FORPEKNAS), alamat RT. 02 Dusun 6 Desa Mataram Kec. Tugumulyo diterima Sdr. Idaman selaku Ketua LSM-FORPEKNAS.

Pada Pukul 16.10 WIB kegiatan selesai dalam keadaan aman dan kondusif. (Haris)