Pengadilan Tipikor Bebaskan Mantan Dirut PLN Sofyan Basyir

20

berantasonline.com (Jakarta) – Majlis Hakim Pengadilan Tipikor dibawah pimpinan Hakim Ketua Hartono hari Senin(4/11) di Jakarta Pusat membebaskan terdakwa Sofyan Basyir dari dakwaan Jaksa dan memerintahkan agar segera dibebaskan dari dalam tahanan KPK.

Sebelumnya Sofyan Basyir didakwa membantu memfasilitasi Anggota DPR Eni Maulani Saragih dan Mantan Mensos Idrus Marham untuk menemui dan menerima suap Rp 4,75 Miliar dari pengusaha Johannes Budihartono Kotjo. Jaksa Penuntut Umum Ronald Worotikan menuntut Sofyan Basyir dihukum 5 tahun penjara dengan denda Rp200 juta pada hari Senin (7/10) lalu.

Sofyan Basyir dalam pembelaan pribadinya, Senin-(20/10) membantah dirinya terlibat dalam Kasus suap PLTU Riau-1 Hakim dalam putusannya menyataka bahwa Sofyan Basyir terbukti secara sah dan.meyakinkan tidak terbukti bersalah dalam Kasus PLTU Riau-1.

Jaksa Penuntut Umum Ronald Worotikan menyatakan kaget dengan putusan bebas Majlis Hakim tersebut, JPU sedang mempertimbangkan langkah selanjutnya, Jaksa membantah dalam menyusun dakwaan sehingga kalah dalam proses pengadilan. (bust)