Pemukiman Sekitar Pesantren Daarul Uluum Bogor Terbakar

72

berantasonline.com (Bogor) – Telah terjadi kebakaran di salah satu titik pemukiman di sekitar Pesantren Daarul Uluum, Bantarkemang, Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor, tepatnya di RT 04/05, pada Selasa dini hari, (3/4/2018) sekitar pukul 04.00 WIB, sesaat setelah para santri bangun dari tidur dan bersiap menunaikan shalat subuh.

Api bermula dari rumah Ustadz Ade Sambas, salah seorang staf edukatif Pesantren Daarul Uluum, yang berjarak sekitar 200 meter dari pesantren, lalu merambat ke beberapa rumah lainnya. Berkat kerjasama antara petugas Pemadam Kebakaran, warga, para pengurus pesantren, dan para santri dewasa, kobaran api dapat dipadamkan pada sekitar pukul 06.00 WIB.

Pada musibah ini, 7 rumah terbakar habis, 11 rumah terbakar sebagian. 18 Kepala Keluarga yang terdiri dari 106 jiwa menjadi korban. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Ust Rizal Azizi, Sekretaris Pesantren Daarul Uluum Kampus 1 mengatakan tidak ada bangunan pesantren yang ikut terbakar karena area kebakaran berjarak cukup jauh.

“Seluruh santri dalam keadaan baik dan kegiatan pendidikan di pesantren tetap berlangsung sebagaimana biasa, kecuali para santri dewasa yang turut membantu melayani kebutuhan para korban secara bergantian,” ujarnya.

Ust Rizal mengungkapkan untuk tempat tinggal darurat para korban kebakaran dan posko bantuan dipusatkan di Pesantren Daarul Uluum.

“Saya mengajak seluruh keluarga besar Daarul Uluum (guru, karyawan, santri, alumni, wali santri, dan masyarakat di sekitar pesantren) untuk memberikan bantuan makanan, pakaian, obat-obatan, dan apapun yang sekiranya dapat meringankan para korban,” ungkapnya. (Manan)