Pemprov Jabar Anugrahi Swasti Saba Kepada Kabupaten Sukabumi

74

berantasonline.com (Sukabumi) – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan Swasti Saba kepada Kabupaten Sukabumi sebagai Kabupaten Sehat tingkat Provinsi Jawa Barat kategori Wiwerda (3-4 tatanan) Tingkat Nasional 2017.

Penghargaan tersebut di terima Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dalam Acara Pemberian Penghargaan/Kadeudeuh kepada Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2018 di Aula Barat Gedung Sate, Rabu (11/04).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai wujud Apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Kabupaten/Kota yang telah menerima penghargaan Swasti Saba Kementerian Kesehatan Republik Indonesia beberapa waktu lalu, pemberian penghargaan dari Kemenkes tersebut salah satu di antaranya adalah Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 2 Tahun sekali dan merupakan bagian dari pembinaan dan pengembangan kesehatan diseluruh Kabupaten/Kota di Indonesia dengan tujuan mendorong pemerintah Kabupaten/Kota dalam upaya meningkatkan mutu kesehatan masyarakat dengan berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) serta menciptakan lingkungan yang sehat ditengah-tengah masyarakat sehingga memungkinkan pertumbuhan derajat kesehatan di masyarakat terus meningkat”, jelas Kosmayadie Tatang Padmadinata saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Barat.

Pelaksanaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan No. 34 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dan Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 440.05/Kep. 1039-Yansos/2016 tentang Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2017 yang diusulkan ke Kemenkes dari 23 Kabupaten/Kota, 20 yang lolos mendapat Swasti Saba.

Koesmayadie pun menambahkan bahwa pada tahun 2019 akan mengusulkan 27 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat untuk diverifikasi oleh Tim KKS pusat.

“Untuk itu kepada Kabupaten/Kota agar melaksanakan dan terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, mari kita berupaya dan bekerja keras untuk jadikan Jabar juara” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati dan Walikota se-Jabar atau yang mewakili, Para Asisten dan Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar dan Kab/Kota Se-Jawa Barat, Tim Pembina kab/Kota Sehat Tingkat Provinsi dan Kab/Kota se-Jawa Barat, Ketua Forum Kab/Kota Sehat se-Jawa Barat, Kabag Humas, Protokol dan Administrasi Sekertariat Daerah Kabupaten Sukabumi. (Riswan)