Pemkab Sukabumi Raih Skor Tinggi Pada Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kemendagri

95
Wabup Sukabumi bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

berantasonline.com (sukabumi)
Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono menghadiri acara Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (25/04).

“Acara tersebut diadakan untuk memperingati Hari Otonomi Daerah yang ke-22 yang diperingati setiap tanggal 25 April”, terang Wakil Bupati Sukabumi.

Dalam surat keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100 – 53 tahun 2018 tentang peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional di bacakan terdapat 33 Provinsi 397 Kabupaten dan 93 Kota yang mendapat penghargaan dengan berbagai kategori.

Sementara itu prestasi yang memiliki perolehan nilai “sangat tinggi” diraih oleh 9 Pemerintah Daerah Provinsi, 195 Pemda Kabupaten dan 57 Pemda Kota, termasuk Kabupaten Sukabumi yang mendapatkan Skor 33230 dengan tanda bintang dua (**),

Penghargaan tersebut secara simbolis diberikan kepada Gubernur Jawa Timur dan beberapa Bupati dan Walikota.

Foto bersama Dirjen Otda Kemendagri, Soemarsono

Menurut Wabup, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono menekankan bahwa peringatan Hari Otda merupakan suatu cara monitoring Pemerintah Pusat sekaligus mengevaluasi kinerja Pemerintah Daerah setiap tahunnya, selain itu juga merupakan salah satu strategi utama untuk mencapai tujuan desentralisasi dan Otonomi Daerah dengan melakukan proses monitoring berkala agar bisa mengamati penyelenggaraan Pemerintah di Daerah.

“Acara tersebut selain di hadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga hadir Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan serta Bupati/walikota lainnya” jelasnya.

Wabup menambahkan, bahwa bukan hanya penghargaan di tingkat pusat, namun pagi tadi pun dirinya memberikan penghargaan dan apresiasi kepada enam wilayah yang dianggap memiliki kinerja baik pada upacara peringatan hari Otonomi Daerah Ke 22 tingkat kabupaten Sukabumi.

“Ada enam wilayah di Kabupaten Sukabumi yang mendapat penghargaan diantaranya kecamatan cicurug, cisaat, sukalarang, fegerbitung, nyalindung dan kebonpedes”, tuturnya usai mengikuti acara.

H. Adjo pun berharap kepada Perangkat Daerah lain untuk terus melakukan upaya perbaikan terutama yang terkait dengan pelayanan publik sehingga kedepan Sukabumi akan semakin lebih baik. (Riswan/Ebi)