PEMKAB SUKABUMI KEMBANGKAN SDM PARIWISATA MENUJU THE ROCK CONNECTING PEOPLE

63
Para peserta pembekalan

berantasonline.com (Sukabumi) – Asisten Sekda Bidang Ekonomi & Pembangunan Dody Somantri mewakili Bupati Sukabumi untuk membuka Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pariwisata, dan Hubungan Antar Lembaga melalui Pembekalan Pemandu Wisata Program. Pengembangan Kepariwisataan TA 2018 Se Kabupaten Sukabumi disalah satu hotel ternama di Palabuanratu, Rabu (28/3).

Dalam sambutannya Dody Somantri menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dipilihnya Kabupaten Sukabumi dalam pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan oleh Dinas pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini kedepannya bisa memberikan pelayanan yang terbaik pada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sukabumi.
“Saya terkesan dengan seorang Pemandu Wisata diperebutkan oleh Agen Travell karena kepiawaiannya dalam memandu” kenangnya.

Dodi mengharapkan bahwa peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, mencari informasi dengan membaca serta mencari artikel dan referensi kewisataan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan para pemandu wisatan
” Kalau pengetahuan kita meningkat dan bisa melayani wisatawan dilapangan nantinya wisatawan yang datang ke sukabumi akan merasa nyaman dan akan kembali lagi” terangnya

Kegiatan yang di hadiri oleh 100 orang peserta ini bertujuan menciptakan Pemandu Wisata yang Profesional di Kabupaten Sukabumi terlebih kabupaten Sukabumi memiliki Geopark yang sebentar lagi di akui oleh Unesco Global Geopark.

merupakan Program Pengembangan Kepariwisataan Asisten Deputi SDM dan Hubungan Antar Lembaga Dana Dekonsentrasi Kemenpar RI TA 2018 pada Disparbud Prov Jabar bekerja sama dgn Dispar kab smi menghadirkan 100 peserta pemandu wisata se kab smi dgn harapan dapat menciptakan Pemandu Wisata yg Profesional di kab smi,apalagi memiliki Geopark yg sebentar lagi disahkan menjadi Unesco Global Geopark.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman menerangkan bahwa ada 4 pilar pengembangan pariwisata diantaranya Destinasi Wisata, Industri pariwisata yang berkelanjutan, Promosi pariwisata yang kreatif dan Kelembagaan Pariwisata.

“Pemandu Wisata harus memperkuat diri & memahami pengetahuan tentang kepariwisataan dan Geopark yang sedang booming, jadilah The Rock Connecting People ” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut seluruh peserta diajak untuk memahami Program Pengembangan SDM kepariwisataan dan hubungan antar lembaga yang berkaitan dengan Pariwisata Jawa Barat yang di sampaikan oleh Iwan Darmawan,SH,MIP selaku Kepala bidang Promosi Disparbud Prov Jabar serta Profil Pemandu wisata yang profesional oleh Arif Humaedi selaku Humas Himpunan Pemandu wisata Indonesia (HPI) Prov Jabar Sebagai pemateri dan narasumber dalam acara itu.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari perangkat daerah, perwakilan dari HPI kab smi, PHRI, Kompepar, Balawista, komunitas surfing, Federasi Arung Jeram Indonesia(FAJI),pendamping PKH, mojang jajaka, akademisi serta tamu undangan lainnya. (Riswan/Ebi)