Pemkab Sukabumi Gelar Sidang Itsbat 1 Syawal 1439 Hijriyah

85

berantasonline.com (Sukabumi) – Dalam rangka Penentuan 1 Syawal 1439 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Kementerian Agama (Kemenag) menggelar acara Rukyatul Hilal dan Sidang Itsbat penetapan 1 Syawal 1439 Hijriah Tahun 2018 di Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas Kecamatan Simpenan Palabuhanratu, Kamis (14/6).

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari berkumpulnya disini yaitu untuk melaksanakan Rukyatul Hilal yang di laksanakan oleh Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten Sukabumi dengan metode yang tepat dan sesuai ketentuan yang berlaku guna memberikan gambaran kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia yang akan melakukan sidang istbat.

“Keputusan pada Sidang Isbat di Jakarta nanti, kita sebagai warga negara Indonesia yang beragama Islam supaya patuh pada pemerintah yang sah”, ucapnya.

Bupati berharap hasil Rukyatul Hilal yang sedang dilaksanakan sesuai dengan harapan bersama, sehingga tidak ada keraguan untuk menyambut Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018 ini.

“Jika hasilnya ditetapkan 1 Syawal hari Jum’at dan ada yang melaksanakan Hari Raya pada hari yang selain hari Jum’at jangan dijadikan permasalahan, justru kita harus bisa menghormati perbedaan sesama umat Islam dan jadikanlah perbedaan itu sebagai satu kebersamaan kita dalam menyambut Idul Fitri, dan tetap saling menghargai di setiap keputusan yang diambil dan tidak menjadikan perbedaan ini menjadi alat perpecahan”, harapnya.

Dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah, Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyampaikan ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah, Taqabbalallahu Minna Waminkum Taqabbal Ya Karim, Minal Aidzin Walfaidzin, Mohon Ma’af Lahir dan Batin”

“Marilah Idul Fitri ini kita jadikan sebagai momentum untuk membangun kebersamaan demi terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang lebih baik lagi”, pungkasnya.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi Abas lesmana mengutarakan bahwa kondisi nilai keimanan di masyarakat Kabupaten Sukabumi terus mengalami perkembangan dengan baik.

“Alhamdulilah dari hasil pemantauan yang kami laksanakan, bahwa perilaku keimanan di masyarakat Kabupaten Sukabumi terus meningkat dengan saling menghormati antar umat beragama satu sama lain dari pada tahun-tahun sebelumnya”, ungkapnya.

Sementara itu berdasarkan hasil pemantau Tiga Perukyat yang ditunjuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi menyatakan tidak melihat penampakan Hilal yang disebabkan awan tebal yang menghalangi. Pengakuan itu disampaikan dalam Sidang Itsbat yang dipimpin Hakim Ketua Deni Heriansyah dari Pengadilan Agama Cibadak.

Kendati demikian, 1 Syawal 1439 H dipastikan akan jatuh pada hari Jumat (15/6/2018) besok. Hal itu disebabkan karena adanya daerah lain di Indonesia yang menyatakan telah melihat hilal.

Pada kesempatan yang sama Bupati menyerahkan 75 Paket Sembako dari Baznas Kabupaten Sukabumi untuk masyarakat Kampung Cibeas yang berada di wilayah POB.

Hadir pada kesempatan tersebut, FORKOMPIMDA, Kepala Perangkat Daerah (PD), Kepala Bagian Humas Protokol dan Administrasi (HPA), Kepala Bagian Sosial dan Keagamaan, serta tamu undangan lainnya. (Riswan/Ebi)