Pemkab Sukabumi Gelar Rakor Ketahanan Pangan

54

berantasonline.com (Sukabumi) – Dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439H, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Ketahanan Pangan “Apel Siaga Selama Bulan Ramadhan dan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H” di Aula Pendopo Palabuhanratu, Kamis ( 24/05).

Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami menerangkan bahwa aspek yang terkait dengan Ketahanan Pangan ini menghendaki keterlibatan dan tanggung jawab banyak pihak. Sehubungan dengan hal itu dibentuk Dewan Ketahanan Pangan pada berbagai tingkatan Pemerintahan yang melibatkan berbagai Stakeholders baik Pemerintah maupun Swasta dan Masyarakat.

“Walaupun secara keseluruhan produksi bahan pangan kita khususnya beras dinyatakan cukup, akan tetapi hal itu tidak serta merta menjamin ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat dan seluruh wilayah di Kabupaten Sukabumi,” terang Bupati.

Bupati mengharapkan agar berbagai kegiatan dan penanganan masalah yang dengan upaya mewujudkan Ketahanan Pangan ini dapat dilaksanakan secara konsisten. “Dalam rangka menyambut perayaan Hari Besar Keagamaan, seperti bulan puasa, Hari Raya Idul Fitri kali ini, di mana biasanya akan terjadi peningkatan permintaan beberapa bahan pangan sehingga harganya juga akan meningkat, maka perlu dilakukan langkah antisipasi seperti pemantauan harga dan inspeksi pasar, pemantauan aliran bahan pangan, operasi pasar bazar dan lain sebagainya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Katahanan Pangan kabupaten Sukabumi Ir.H.Adjat Sudrajat menyebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk memantapkan kesiapan dalam penyediaan pangan di Kabupaten Sukabumi selama Bulan Ramdhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439H. “Kami akan mengupayakan stabilitas harga pangan pokok di Kabupaten Sukabumi,” jelasnya

Peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 50 s/d 70 orang peserta yang terdiri dari organisasi Perangkat Daerah terkait penyediaan pangan, Ka Sub Divre Bulog Cianjur, unsur TNI, unsur Polri, Kelmpok tani, pelaku usaha perberasan, asosiasi pelaku usaha daging ayam dan daging merah serta undangan lainnya. (Ebi/Riswan)