PEMKAB SUKABUMI DEKLARASIKAN SAPU BERSIH HOAX

26

berantasonline.com (sukabumi) –
Dalam rangka mengedukasi masyarakat di bidang informasi publik, Pemerintah Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi jawabarat mendeklarasikan Sapu Bersih (Saber) Hoax di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Palabuanratu, (21/02).

Dalam sambutannya Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi publik Herdy Somantri menyampaikan.

” Kegiatan kami isi dengan beberapa materi diantaranya, pengertian hoax, mengenali ciri-ciri berita hoax, mengantisipasi penyebaran berita hoax, dan dampak yang di timbulkan dari sebuah berita hoax. Upaya ini perlu dilakukan bersama, sehingga pemahaman tentang bahaya hoax dapat di pahami, penyebaran hoax tidak bisa kita hindari sehingga perlu pengetahuan bagaimana mengantisipasi jika ada berita hoax itu terjadi” terang Herdy.

Menurut Herdy, ketika menerima berita hoax maka yang paling penting dilakukan adalan dengan mengklarifikasi kebenaran berita tersebut.

” Baiknya kita menyaring berita sebelum mensharing, biasanya ciri-ciri berita hoax itu, sumbernya tidak jelas, menyuruh pembaca untuk menshare atau mendistribusikan hingga memviralkan, saat di cek linknya sedikit bahkan hampir tidak ada berita yang sama, berisi nada provokasi atau seruan kebencian kepada kelompok orang tertentu” jelasnya.

Herdy berharap, peserta yang telah mengikuti pelatihan ini menjadi Duta Anti Hoax sehingga kedepan masyarakat akan lebih cerdas dan bijak memanfaatkan teknologi sebagai sarana edukasi untuk menunjang percepatan kegiatan sehari hari.

Hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Diskominfo Jabar, Diskominfosan Kab. Sukabumi, Pelajar dan Mahasiswa, Kelompok informasi masyarakat, Unsur media masa (wartawan) serta pegawai pemerintah.

(Ebi/Riswan)