Pemkab Pesibar Sosialisasikan Rancang Bangun Data Portal Online dan Aplikasi SPBE

63

berantasonline.com (Lampung) — Pj. Sekda Kabupaten Pesisir Barat N. Lingga Kusuma, mewakili Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal membuka acara sosialisasi rancang bangun data Portal Online dan penyampaian hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di Gedung Dharma Wanita, Kamis (16/05).

Dalam sambutan tertulis Bupati Pesisir Barat yang dibacakan Pj Sekda Lingga Kusuma, Bupati mengatakan “atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan terima kasih dan memberikan Apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan Sosialisasi rancang bangun data Portal Online serta penyampaian hasil evaluasi sistem Pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) Kabupaten Pesisir Barat tahun 2019”.

Lingga berharap, dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi bisa membawa Kabupaten Pesisir Barat ke arah yang lebih baik.

Selanjutnya, untuk diketahui salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang efektif dan efisien ialah dengan telah dibentuknya sistem Pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yaitu dengan memanfaatkan Teknologi Informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan Administrasi Pemerintah dan penyelenggaraan pelayanan publik pada Instansi Pemerintahan.

Adapun tujuan dari penerapan aplikasi ini, menurut Lingga, yakni untuk bisa mewujudkan respon cepat dari Pemerintah terhadap masyarakat. “Oleh karenanya diperlukan kerja keras dari kita semua terutama dari Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Pesisir Barat”, ujarnya.

Dengan cara meningkatkan kerja sama ataupun sinergitas antara satu sama lainnya, demi terwujudnya layanan sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang berkualitas, terintegrasi, dan berkesinambungan yang diharapkan bermanfa’at bagi masyarakat, pelaku usaha, aparatur Sipil Negara dan Instansi Pemerintah,” jelasnya.

Masih lanjut Sekda, peranan Komunikasi dan Informasi sangat penting dan strategis karena menjadi salah satu sarana komunikasi yang efektif bagi masyarakat dan mempunyai nilai tambah ekonomis dalam dunia usaha, sehingga peranan komunikasi dan informasi media cetak, media Elektronik dan Media Online sebagai alat penyampaian Informasi diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi Masyarakat , dalam upaya mewujudkan Masyarakat yang berbasis Informasi.

Sehingga dengan kondisi tersebut tuntutan publik terhadap peningkatan kinerja Pemerintah menjadi semakin tinggi.

(Benk)