Pemdes Pondokkaso Tengah Dengan Masyarakat Lakukan Kerja Bakti Demi Lingkungan Sehat dan Bersih

31

berantasonline.com (Sukabumi)

Indonesia memiliki beragam budaya komunal sejak dahulu, salah satunya gotong royong dalam melakukan kerja bakti. Hal tersebut terlihat apa yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi. Sinergitas Pemdes dengan Masyarakat begitu kompak dalam melakukan kerja bakti demi membuat lingkungan menjadi lebih baik, bersih dan sehat.

Kerja bakti penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang seperti perbaikan fasilitas publik maupun kebersihan lingkungan sekitar. Kebersihan lingkungan merupakan pintu gerbang dalam mencapai hidup yang sehat. Jika kegiatan bersih-bersih dilakukan bersama-sama tentu akan membuat pekerjaan lebih ringan.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan. Apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan yang identik dengan banjir.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk kebersihan lingkungan Desa Pondokkaso Tengah agar selalu asri dan nyaman bagi kita semua. Karena di musim penghujan seperti ini banyak genangan air yang bisa menimbulkan jentik nyamuk serta penyakit lainnya, sehingga dengan mengadakan kegiatan seperti ini, setidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan dan menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat”, demikian dikatakan Kepala Desa Pondokkaso Tengah Agun Gunawan saat ditemui di lokasi, Kamis (23/09/2021).

Selain untuk menjaga kebersihan, lanjut Agun, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Desa Pondokkaso Tengah. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB yang dilakukan sekitar 40 orang diantaranya Perangkat Desa, TP PKK, BPD, LMP, Karang Taruna, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Linmas serta masyarakat.

“Dengan kegiatan seperti ini, selain lingkungan menjadi bersih dan sehat, di sisi lain juga dapat membina hubungan sosial masyarakat sehingga kedepannya bisa menjadi lingkungan desa yang lebih harmonis”, pungkasnya.

(Ris)