Pembangunan Dam Parit Desa Cisalam Baros Atasi Masalah Pengairan Lahan Pertanian dan Mencegah Banjir

416

berantasonline.com (Serang Banten) -Kegiatan pembangunan Dam Parit, belum lama ini dilaksanakan Kelompok Tani Kampung Daragem Desa Cisalam Kecamatan Baros, Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Kegiatan tersebut merupakan pengadaan sarana dan prasarana pertanian tepat guna pemerintah kabupaten serang dinas pertanian tahun 2018.

“Dam parit (chanel reservoir) merupakan teknologi sederhana untuk mengatasi masalah saluran air pada lahan pertanian dan mencegah banjir sebagian dari curah hujan yang tinggi pada saat musim hujan, dan menyelamatkan rusaknya tanaman padi yang diakibatkan banjir”, kata Hasan Ketua Kelompok Tani Kampung Daragem.

Akmal, pendamping pelaksana pembangunan dam parit dari dinas pertanian, selalu mengawasi jalannya pembangunan tersebut, “Agar hasilnya dapat maksimal sesuai gambar dan spek, karena sangat dibutuhkan masyarakat”, ungkapnya.

M. Patah Kepala Desa Cisalam menuturkan, masyarakat cisalam sangat bersyukur atas berbagai program bantuan dari pemerintah yang telah diterima selama ini. “Bukan hanya itu, untuk jalan utama sebagai penunjang transportasi, jalan Desa baros dan Desa cisalam sepanjang kurang lebih 4 km termasuk jalan kabupaten diharapkan instansi terkait dapat segera menangani”, pintanya.

(Nur)