Pantau Arus Lalu Lintas, Dishub Pinrang Pasang CCTV Disejumlah Persimpangan Jalan

144

berantasonline.com (Sulsel) – Demi menciptakan kondisi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar, Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Perhubungan telah memasang kamera pengawas atau CCTV pada beberapa titik jalan strategis dalam kota Pinrang.

Pemasangan CCTV tersebut bakal terkoneksi langsung pada layar monitor yang saat ini sudah ada di gedung kantor Dishub, “Kami sudah pasang CCTV nya di beberapa titik lampu merah / traffic light dalam kota, dan saat ini juga sudah kami siapkan perangkat monitornya di kantor ” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Pinrang Drs. Mantong Amir kepada berantasonline.com, Jumat 7/9.

Mantong menjelaskan bahwa keberadaan sarana ini sebagai perangkat dalam memantau suasana arus lalu lintas di Pinrang, dan sejauh ini baru daerah ini yang miliki hal semacam ini diluar kota-kota besar terutama di Sulsel ” Setau kami baru Pinrang yang menarapkan perangkat seperti ini di luar kota Makassar dan kota besar lainnya di Jawa ” ujarnya, selain CCTV dilampu merah itu juga akan terpasang alat pengeras suara yang berfungsi sebagai annauncer bagi pengendara yang melintas, “Selain CCTV juga ada pengeras suara sebagai sarana menghimbau bagi pengguna jalan agar bisa lebih taat aturan berlalu lintas ” tambahnya.

Kadishub Pinrang (tengah)

Sejumlah titik lampu merah yang di pasangi antara lain persimpangan Gedung golkar, persimpangan Lasinrang Park, dan lampu merah jalan Poros sekitar SMP 1 yang saat ini jumlahnya sudah 6 unit CCTV dan pengeras suara di 6 titik.

“Hal ini juga menjadi sarana yang memudahkan buat petugas kami di lapangan apalagi Pinrang akan lebih banyak lagi kendaraan yang bakal lalu lalang karena daerah akan jadi tuan rumah Porda XVI ” imbuhnya.

“Semua sarana tersebut baru akan optimal sebelum pembukaan Porda tanggal 23 mendatang tapi seluruh perangkatnya sudah siap ” pungkasnya.

(JAY)