P3A MEKAR AGUNG DESA CURUG AGUNG KEC BAROS UNTUK KEPENTINGAN PETANI PEMAKAI AIR

47

berantasonline.com (Serang Banten)

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian, memprogramkan percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI) kepada kelompok masyarakat perkumpulan petani pemakai air (P3A) Mekar Agung Desa curug agung kecamatan baros kabupaten serang banten.

Menurut pemerintah, penilaian kinerja dari kelembagaan P3A perlu di lakukan sebagai upaya penguatan kelembagaan petani dalam menjamin produksi pangan.

Terjaminnya penyediaan air irigasi salah satu upaya melalui peran perkumpulan petani pemakai air P3A yang mengelola dan memelihara jaringan irigasi.

Salah satunya P3A Mekar Agung Desa curug agung kecamatan baros berperan aktif dalam mengelola perputaran air dari hulu sampai hilir pada jaringan irigasi untuk mengairi lahan pertanian masyarakat seluas kurang lebih 175h.

“Sehingga pada tahun ini 2019, P3A Mekar Agung menerima kucuran dana untuk pembangunan jaringan irigasi tersier yang saat ini sedang dalam proses pelaksanaan kegiatan pembangunannya baru mencapai 70% dan sudah di periksa oleh tim satker dari dinas hasilnya di anggap cukup baik pondasi maupun pemasangan”, jelas ketua P3A Mekar Agung AHMAD 5/7/19 pada wartawan berantasonline.com.

Salah satu lembaga atau kelompok petani di pedesaan, lembaga ini secara khusus mewadahi para petani yang terkait dengan tata kelola air irigasi di tingkat usaha tani dan sekaligus pengelolaan sumber daya air untuk meningkatkan produksi pangan, juga kepentingan pembangunan pertanian di perdesaan karena pemberdayaan petani sebagai ujung tombak dalam peningkatan produksi pangan.

“maka sangat penting pembangunan irigasi dapat bermanfaat bagi semua petani pemakai air”, jelas Ahmad.

(Rais)