P3A Kecamatan Baros Serang Banten Berjalan Lancar

202

PERKUMPULAN PETANI berantasonline.com (Serang Banten) – Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A),  merupakan himpunan bagi petani pemakai air yang bersifat sosial ekonomi dan berwawasan lingkungan. P3A di bentuk dengan anggota yang berasal dari petani pemakai air.

Ketua paguyuban P3A Kecamatan Baros, yang juga ketua P3A Jaya Baru Desa padasuka, Ubed menerangkan dengan berkembangnya organisasi ini di harapkan masyarakat petani dapat memiliki kemampuan untuk menilai potensi, motivasi dan keadaan dirinya sendiri serta memiliki keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengelolaan irigasi secara baik, berkelanjutan dan mandiri.

Sementara itu,   ketua P3A jaga raksa solihin dan P3A mekar jaya utd tami desa suka manah juga mengharapkan adanya organisasi ini juga dapat berperan dalam pengembangan dan pengelolaan sistim irigasi.

“Kami berharap agar kedepannya organisasi ini dapat menjadi suatu unit usaha mandiri yang mampu menyediakan sarana produksi pertanian, memberikan pelayanan kebutuhan petani terutama memenuhi kebutuhan air irigasi untuk usaha pertanian”, tutur mereka.

Kelompok P3A tunas harapan desa sindang mandi yang di ketuai chaerudin, sekretaris Azizi dan bendahara fahyumi berharap agar organisasi petani pemakai air (P3A)  sebagai wadah menampung  aspirasi petani yang berhubungan dengan air untuk tanaman dan bercocok taman.

Disisi lain,  tim pemeriksaan program P3A dari dinas balai Besar Kabupaten Serang yang terdiri dari Igo, ari dan teguh menyatakan bahwa untuk pembangunan P3A di enam desa di antaranya desa sidamukti, sukamanah, panyirapan, suka cai, pada suka dan sindang mandi hasilnya alhamdulillah cukup baik. Ujarnya (rais)