OPSI Berharap Disnakertrans Kab Sukabumi Segera Selesaikan Perselisihan Hubungan Industrial

133

berantasonline.com (Sukabumi) –
Ratusan buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Kabupaten Sukabumi telah melakukan Audiensi dengan pihak Pemerintah Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi di Aula kantor Disnakertrans Kab. Sukabumi, Kamis (1/8).

Audiensi yang dilakukan oleh perwakilan buruh bersama Disnakertrans tersebut membahas beberapa tuntutan, diantaranya masalah Perselisihan Hubungan Industrial, penanganan dalam proses mediasi yang berlarut-larut serta surat anjuran yang belum di keluarkan oleh mediator.

Buruh berharap Pemerintah Dinas Ketenagakerjaan segera menindak perusahaan perusahaan yang telah melakukan pelanggaran hak-hak normatif kepada buruh serta membina perusahaan perusahaan tentang Perda Ketenagakerjaan.

Dadang Zaelani selaku Ketua Setda OPSI Kab. Sukabumi mengatakan “kami kecewa karena Kepala Disnakertrans tidak bisa hadir, padahal beliau yang seharusnya bisa mengakomodir permasalahan permasalahan yang ada di dinas ketenagakerjaan, kita sudah menyampaikan beberapa poin walaupun ke bidang PPHI. Dan kami akan terus mendorong supaya Dinas Ketenagakerjaan ini bisa bekerja lebih baik lagi khususnya menangani permasalahan perselisihan industrial antara karyawan dengan perusahaan” tegasnya.

Lebih lanjut Dadang Zaelani menambahkan “sampai saat ini ada 8 kasus yang ada dalam catatan Opsi dan kami melihat dari beberapa permasalahan tidak ada upaya perbaikan dari Dinas Ketenagakerjaan, kami hanya butuh kepastian terkait jadwal mediasi serta di keluarkannya surat anjuran” jelasnya.

Dalam Rapat Audiensi tersebut Kepala Bidang Industrial dan Syarat Kerja Ahmad Muladi mengungkapkan “kami meminta maaf atas kerja kami selama ini yang kurang maksimal, kalau pun ada yang harus kita perbaiki, kita akan perbaiki terkait permasalahan perselisihan hubungan industrial dan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi disnakertrans Kab. Sukabumi serta kami akan mendorong Kepala dinas untuk segera mengatur jadwal mediasi serta mengeluarkan surat anjuran”, ungkapnya.

Hadir dalam rapat Audiensi tersebut, Ketua Setda Opsi Sukabumi Dadang Zaelani, Wakil Ketua Setda Opsi Deden, Ketua Serikat Karyawan Tangmas Ade Jalaludin, anggota serikat dari berbagai afiliasi dan Kepala Bidang industrial dan syarat kerja Ahmad Muladi serta jajarannya.

(Ebi)