Oknum Peratin Tidak Paham Tupoksi Wartawan Dan LSM

348

berantasonline.com (Pesisir Barat, Lampung) – Edwarlin oknum Peratin (Kades) Baturaja, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat, dinilai tidak memahami Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) wartawan dan LSM, yaitu sebagai sosial kontrol sesuai dengan norma yang berkembang di tengah masyarakat.

Ketidak pahaman oknum Peratin tersebut dinilai dari pernyataannya agar Humas Pemkab Pesisir Barat dan Humas DPRD setempat membuat daftar sehingga bisa dilihat kalau ada wartawan yang ke Pekon atau ke lapangan. Jadi kalau tidak ada daftarnya tidak perlu dilayani, jelas Edwarlin.

Ketua Lembaga Pengawas Pembangunan Daerah (LPPD) Drs. Farid Wijaya mengatakan, stetmen Peratin Baturaja itu kalau tujuannya baik bisa dipahami tapi kalau untuk membatasi ruang gerak tugas Jurnalistik dan LSM itu artinya tidak paham UU Pokok Pers No. 40 tahun 1999, pasal 18.

Siapapun dengan sengaja menghambat atau menghalangi pelaksanakan tugas wartawan ada pidana didalamnya, jelas Farid.

Pernyataan Peratin Baturaja itu diungkapkan karena merasa terganggu aktifitasnya dalam menjalankan tugas, ungkap Edwarlin yang juga Wakil Ketua Apdesi Kecamatan Pesisir Utara ini. (Benk/Sam)