OASE KK Peringati Hari Kartini di Istana Bogor

111

berantasonline.com (Bogor) – Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabibet Kerja (OASE KK), memperingati Hari Kartini di halaman Istana Bogor, Sabtu (21/4/18). Warna-warni kebaya dan pakaian adat lain khas Nusantara mewarnai acara Hari Kartini, kereka terlihat anggun mengenakan kebaya dan sanggul.

Acara peringatan sosok emansipasi wanita Indonesia itu dihadiri Istri Presiden Jokowi, Iriana Joko Widodo didampingi istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla dan 3 (tiga) perempuan hebat kabinet kerja Jokowi diantaranya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Kehutanan Siti Nurbaya serta perwakilan dari berbagi organisasi perempuan juga Istri dari sejumlah Kepala Daerah dan Jajaran Korem 061/Suryakancana.

Acara yang bertema “Perempuan Indonesia Yang Menginspirasi” itu dimulai pukul 08.30 WIB dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Ibu Kita Kartini dan dilanjutkan dengan pidato sambutan dari ketua panitia yang merupakan Ketua bidang Sosial Budaya OASE.

Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini Nora Tristyana Ryamizard Ryacudu menuturkan, rangkaian peringatan hari Kartini sudah dimulai sebelumnya. Sebagai kegiatan pendukung, pihaknya juga melaksanakan bakti sosial dan penanaman pohon.

“Disamping itu, rencananya akan digelar pula lomba lari ‘Kartini Run’, Ahad besok, yang pesertanya di dominasi oleh wanita. Ada pula wawancara dengan perempuan hebat di Indonesia yang dilakukan oleh Ibu Iriana,” tuturnya kepada Wartawan di di Kompleks Istana Kepresidenan, Bogor, Sabtu, (21/04/2018).

Pada kesempatan itu, Isteri dari PJ Gubernur Papua Ida Soedarmo mengungkapkan kebahagiannya bisa memperingati hari Kartini di Istana Bogor. Ia berharap momentum hari Kartini membuat wanita Indonesia lebih berkarya tanpa melupakan kodratnya sebagai isteri dan ibu. “Sekolah dan karir tetap tinggi, tapi anak dan rumah tangga adalah nomor satu,” kata Ida.

Acara semakin meriah dengan adanya peragaan busana dan mini bazaar yang menampilkan berbagai produk lokal. Tamu yang hadir juga disuguhi pertunjukan kesenian dari berbagai daerah, drumband, talkshow interaktif dan pemberian penghargaan. (Manan)