Nama Proklamator Bung Karno Diusulkan Menjadi Nama Bandara Kabupaten Sitaro

4320

Sulut, BERANTAS

Pemberian nama Bandar Udara Sitaro “Bung Karno” yang diusulkan berdasarkan keputusan DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro Nomor 9a Tahun 2021 Tanggal 24 November 2021 Tentang Persetujuan Pemberian nama Bandar Udara Kabupaten Kepulauan Sitaro yaitu Bandar Udara Bung Karno.

Keputusan DPRD didukung dengan Surat Bupati Sitaro Nomor : 550/180/ Sekr-Dishub tanggal 26 November 2021 perihal Permohonan Persetujuan Pemberian nama Bandar Udara Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Yaitu Bandar Udara “Bung Karno”.

Pemberian nama Bandar Udara Sitaro ini didasari oleh pertimbangan historis,dimana Proklamator RI Ir.Sukarno Presiden Republik Indonesia pada Tahun 1954 pernah belayar dan menginap di Pulau Siau.bKunjungan Proklamator RI Ir.Sukarno menimbulkan kesan yang sangat mendalam bagi Masyarakat Pulau Siau.

Karena itu sebagai penghargaan dan penghormatan Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro atas jasa Bung Karno, maka diusulkan untuk mengabadikan nama Bung Karno Proklamator RI sebagai Nama Bandar Udara Sitaro.

Selanjutnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah memberikan Rekomendasi dan permohonan ke Menteri Perhubungan agar kiranya Bapak Menteri berkenan memberikan persetujuan pemberian nama Bandar Udara Sitaro yaitu Bandar Udara “Bung Karno”.

Setelah mendapat persetujuan penamaan Bandar Udara Tersebut diharapkan segera juga akan ditindaklanjuti dengan Peresmian Bandara Sitaro, hal ini disampaikan Kadis Kominfo Sitaro Gandawari Mulalinda Kepada Wartawan.

(Tampubolon)