Mulai Hari Ini SMAN 11 Depok Menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka

72

DEPOK, berantasonline.com

Setelah melalui rapat dengan Pengurus Komite Sekolah dengan berbagai pertimbangan dan kebijakan akhirnya Hari ini, Senin (11/10/2021), SMAN 11 Depok mulai menyelenggarakan Pem belajaran Tatap Muka Terbatas (PTMP)

Dengan pembagian sebagai berikut
Untuk murid klas 11 dan 12 masuk pagi dari jam 07. 30 hingga jam 11.00, dengan ketentuan satu minggu masuk dan satu minggu libur

Begitu juga dengan yang kelas 10 masuk dari jam 13.00 hingga jam 16.00 dengan ketentuan yang sama yakni seminggu masuk dan seminggu libur.

Sebelumnya di Jabodetabek juga sudah banyak sekolah yang mulai menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada Senin (04/10/2021).

Hal ini sesuai dengan apa yang pernah disampaikan Presiden Joko Widodo

“Rencana pembelajaran tatap muka (PTM), insya Allah akan dimulai nanti awal September atau minggu depan,” ujar Jokowi usai meninjau kegiatan vaksinasi di SMAN 1 Beber, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, dikutip melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/8/2021).

“Tadi saya juga bertanya kepada anak-anak. Apakah sudah ingin belajar tatap muka, pembelajaran tatap muka? Dijawab oleh anak-anak, ‘Mau…’. Ternyata semuanya ingin segera pembelajaran tatap muka,” tutur Jokowi.

“Tapi tentu saja, kalau sudah dimulai pembelajaran tatap muka, saya berharap semua anak-anak tetap harus disiplin menjaga protokol kesehatan,” sambungnya.

Dalam hal ini Pemerintah Kota Depok mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Depok Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

“Peraturan tersebut dibuat untuk menjadi pedoman pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dalam rangka PTMT di masa pandemi COVID-19,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dikutip Antara, Kamis, 30 September.

Pemkot Depok akan menggelar PTM terbatas di sekolah-sekolah mulai 4 Oktober 2021. Peraturan yang dikeluarkan pada 20 September ini meliputi pendidikan formal, yang terdiri atas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) jalur formal mulai dari TK, RA, dan satuan PAUD lainnya.

Kemudian pendidikan dasar terdiri dari SD, MI, SMP, MTs, serta satuan pendidikan dasar sederajat lainnya. Berikutnya pendidikan menengah terdiri dari SMA, SMK, MA, dan satuan pendidikan menengah sederajat lainnya.

Sementara untuk pendidikan nonformal mulai dari lembaga kursus dan lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, majelis taklim dan pendidikan anak usia dini jalur nonformal. Terakhir, pendidikan khusus meliputi sekolah luar biasa dan satuan pendidikan khusus lainnya.

Dalam Perwal tersebut juga mengatur prosedur Pertemuan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di satuan pendidikan. Dimulai dari perihal kondisi kelas, pada masa transisi, satuan pendidikan jaga jarak paling sedikit 1,5 meter dan paling banyak 20 (dua puluh) peserta didik per kelas, dikecualikan bagi satuan pendidikan TK, Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), Satuan PAUD Sejenis (SPS) jaga jarak paling sedikit 1,5 meter dan paling banyak 10 peserta didik per kelas.

Sementara pada masa kebiasaan baru, satuan pendidikan jaga jarak paling sedikit 1,5 meter dan paling banyak 20 peserta didik per kelas. Dikecualikan bagi Satuan Pendidikan TK, Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), Satuan PAUD Sejenis (SPS) jaga jarak paling sedikit 1,5 meter dan paling banyak 10 peserta didik per kelas.

Fotografer : K. Wahyutomo
(Red.10-Achmad Hudori)