Misteri Liang Tembo Sitaro Menjadi Daya Tarik Wisatawan Asing dan Domestik

161

berantasonline.com (Sitaro Sulawesi Utara) – Wisata alam Gua Tengkorak atau yang dikenal dengan sebutan Liang Tembo oleh masyarakat Siau, adalah salah satu dari beberapa gua di Kabupaten Siau Tagulandang Biro (Sitaro) yang menyimpan misteri dan dianggap keramat oleh warga setempat.

Namun demikian gua ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan
asing dan domestik. Alasan para wisatawan untuk berkunjung antara lain
untuk merasakan aura mistis dan berfoto di Gua Liang Tembo yang dianggap keramat oleh warga sekitar.

Salah seorang warga lokal yang juga pemandu wisata, Jokman Harani
warga desa Tanaki Kecamatan Siau Barat Selatan ketika berbincang dengan berantasonline.com menceritakan, gua tersebut saat ini semakin banyak pengunjungnya, dan menurutnya wisatawan dilarang membuang ludah ketika berada di dalam gua . ”Sudah sering wisatawan lokal atau asing yang datang ke Gua ini untuk berfoto. Anehnya ada juga yang tidak dapat terlihat fotonya ketika dicek dikameranya”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lindongan 01 Desa Tanaki, Monika Misa, yang merupakan cucu dari mantan juru kunci Liang Tembo menceritakan, bahwa didalam Gua tersebut terdapat 12 tengkorak yang disebut Dotu. “Mereka adalah 12 bersaudara penjaga tempat ini (Dusun
Tanganga DesaTanaki), Salah satu dari mereka yang paling pemberani
adalah bernama Dorongdasi, seorang wanita dan karena keberaniannya oleh masyarakat disini namanya di angkat dalam nama sebuah tarian tradisional masyarakat Sitaro yaitu Tarian Dorongdasi”, tuturnya.

Karena kesaktian mereka dalam membela warga masyarakat, sambung Misa, konon menurut orang tua saya walau sudah meninggal, tengkorak mereka dapat
digunakan untuk mengusir musuh (bangsa Mangindano Filipina) yang datang
merusak/menjarah /mengganggu mereka.

“Mereka menggunakan kemenyan
dan berbicara kepada tengkorak untuk meminta mengusir bangsa Mangindano Pilifina tersebut. Dusun Tanganga dulunya bernama Mangingtanga yang artinya menghadapi musuh”, pungkasnya.

Salah sorang wisatawan asing asal Jerman Heiko M Schauer ketika di
wawancarai di depan Goa belum lama ini, mengaku sangat tertarik dengan gua yang menyimpan misteri tersebut. ”Sangat mengesankan dapat berfoto di gua ini yang saya anggap penuh mistis”, ujarnya. (Tampubolon)