Melalui Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan, ACT Sukabumi Bekerjasama Kodim 0607 Salurkan Bantuan Beras dan Air Mineral

56

berantasonline.com (Sukabumi) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. Untuk memperluas karya, ACT mengembangkan aktivitasnya, mulai dari kegiatan tanggap darurat, kemudian mengembangkan kegiatannya ke program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf.

ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR). Sebagai bagian dari akuntabilitas keuangannya ACT secara rutin memberikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik kepada donatur dan pemangku kepentingan lainnya, serta mempublikasikannya melalui media massa.

Melalui gerakan sedekah pangan Ramadhan demi membantu masyarakat kurang mampu, ACT Foundation terus mendistribusikan beras dan Air minum wakaf gratis melalui cabang-cabang ACT diseluruh Indonesia. Dalam kesempatan ini, ACT Kota Sukabumi bekerjasama dengan Kodim 0607 distribusikan beras dan air wakaf gratis ke masyarakat khususnya lansia dan janda tua, Jum’at (9/4/2021).

Bantuan yang disalurkan merupakan hasil dari donasi para dermawan melaui ACT Foundation, dibantu melalui Koramil-Koramil yang berada di wilayah kerja Kodim 0607 Kota Sukabumi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua Baznas Kota Sukabumi dan perwakilan dari BPBD Kota Sukabumi serta beberapa perwakilan dari Kelurahan Cibeureum.

Kepala Staf Kodim 0607/Kota Sukabumi Mayor Chb R. Khoirulloh Amin Memimpin dan mengintruksikan langsung kepada Danramil melalui Babinsa untuk mendistribusikan bantuan beras dan air wakaf gratis kepada masyarakat yang berada di wilayah kerja Koramil setempat.

“Untuk bantuan ini, diantaranya beras akan diberikan kepada para lansia dan air minum akan di berikan ke masjid-masjid yang berada di wilayah kerja Koramil setempat, sehingga bantuan ini bisa tepat sasaran. Karena Babinsa yang lebih tau masyarakat yang membutuhkan akan bantuan ini”, Paparnya.

Kegiatan tersebut dimulai Bulan Maret, secara langsung ACT Kota Sukabumi mendistribusikan bantuan beras dan air wakaf gratis untuk masyarakat yang membutuhkan yang berada di wilayah Kota Sukabumi dan daerah. Sebanyak 3,5 ton beras dan 800 karton air mineral serta diterima langsung oleh penerima manfaat sebanyak 19.243 orang. Berkat bantuan tersebut, masyarakat merasakan manfaat dari sedekah para dermawan yang berdonasi melalui Kantor ACT Kota Sukabumi.

Ditempat yang sama, Kepala ACT Cabang Sukabumi Erwin menambahkan, “dengan gerakan sedekah pangan Ramadhan ini ACT Kota Sukabumi berharap, banyak masyarakat Sukabumi yang berkecukupan lebih peduli terhadap masyarakat yang kekurangan apalagi dimasa Pandemi yang belum berkesudahan, entah itu berdonasi melalui ACT Kota Sukabumi ataupun melaui Lembaga-lembaga kemanusiaan lainnya”, pungkasnya.

(Riswan)