Masyarakat Pengekahan Berharap Dibangunkan Jalan dan Pasokan Listrik

38

berantasonline.com (LAMPUNG) – Masyarakat Pemangku (Dusun) Pengekahan, Way Haru, Bangkunat Pesisir Barat menyampaikan keinginan mereka untuk mendapatkan akses jalan dan penerangan listrik dari PLN, kepada Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, saat kunjungan kerja Bupati, ke Pemangku Pengekahan, Rabu (10/4).

Keinginan masyarakat dipemangku Pengekahan yang dihuni sebanyak 156 KK dan dengan 1.112 jiwa, disampaikan Mat Yani, salah satu perwakilan warga setempat. menurut Dia wilayah mereka hingga kini belum juga tersedia infrastruktur jalan dan energi listrik.“Untuk itu tiada lain yang kami harapkan selain meminta bersedianya Pemkab Pesibar melalui tangan dingin seorang Bupati, untuk memperjuangkan masyarakat pengekahan agar dibangunkan infrastruktur jalan dan jaringan listrik PLN , ujar Mat Yani.

Dalam kesempatan tersebut Mat Yani juga menyampaikan harapan masyarakat setempat, agar pemkab Pesisir Barat mendukung pemekaran wilayah Pemangku Pengekahan menjadi Pekon Pengekahan, karena hingga kini masih menjadi bagian dari Pekon Way Haru.

Sementara itu, Agus Istiqlal, dalam sambutannya langsung menjawab harapan-harapan besar masyarakat Pengekahan. Menurutnya , dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS).

“Pemkab Pesibar akan berupaya melakukan kesepakatan dengan TNBBS agar Pemkab Pesibar bisa diberi izin meminjam lahan 20 hingga 30 tahun kedepan. Gunanya, lahan tersebut akan dibangun jalan dari Wayharu menuju pengekahan.“Pemkab Pesibar juga akan melakukan koordinasi dengan pihak Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), untuk meminta dukungan agar pembukaan jalan itu menjadi lebih mudah,” jelas Agus.

Terkait energi listrik , Agus menjelaskan bahwa saat ini Pemkab Pesibar bersama PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung, sedang berupaya memasukan jaringan listrik Way Heni-Way Haru. “Itu agar masyarakat di Way Haru dapat menikmati pasokan listrik.seperti masyarakat lainnya di Pesisir Barat.

(Benk)