Masyarakat Bilapora Barat Sumenep Pererat Silaturahmi Melalui Tradisi Rokat Desa

149

Madura, BERANTAS

Tradisi Rokat Desa salah satu budaya Indonesia, yang terus di lestarikan untuk keselamatan bersama bagi masyarakat desa setempat.

Salah satunya yang digelar oleh Desa Bilapora Barat Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, bersama masyarakat dengan penyembelihan hewan kambing.

Kepala Desa Bilapora Barat Helmi, S,Pdi mengatakan bahwa tradisi Rokat Desa ini bentuk silaturahmi kepada seluruh masyarakat dengan melaksanakan Rokat desa, artinya keselamatan bagi desa.

“Tradisi tersebut turun temurun dari leluhur kita yang harus di jaga dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan terus menjaga kebersamaan masyarakat setempat,” Tutur Helmi

Lebih lanjut Helmi menambahkan, kegiatan Rokat desa dilaksanakan dengan kultur adat desa yang tidak menyalahi aturan ajaran agama Islam.

Masih Helmi menjelaskan, tradisi Rokat desa adalah tradisi tahun, yang terus di budayakan oleh masyarakat, sehingga menjadi edukasi positif bagi kaum muda desa.

“Keselamatan desa, dengan penyembelian hewan kambing sebagai bentuk wujud rasa syukur kepada Allah SWT, dan desa terus dalam perlindungan Allah demi keselamatan bersama,” Terang Helmi

Di tengah-tengah masyarakat menghadapi pandemi atau Covid-19, tetap antusias dalam kegiatan Rokat desa dengan melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

“Alhamdulillah, adanya kegiatan tersebut, masyarakat lebih kuat, menjaga silaturahmi, dan desa lebih aman, tentram sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat”, pungkasnya.

(Ansori/red.2)