Masjid Agung Sunda Kelapa Kembali Menggelar Shalat Jumat Berjamaah

38

Jakarta, BERANTAS

Mesjid Agung Sunda Kelapa, yang terletak di wilayah Menteng, Jakarta Pusat akan menggelar kembali ibadah sholat Jum’at berjamaah.

Akan tetapi kapasitasnya masih dibatasi hingga 50 persen dikarenakan kondisi yang masih pandemi Covid-19.

Hal ini sudah dijelaskan oleh Sekretariat Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, Akhmad Zaini Arifin, Kamis (19/8/2021).

Masjid Sunda Kelapa mampu menampung hingga 4.000 jemaah, oleh karena kita berlakukan pembatasan maka jumlah jemaah yang akan ditampung Jumat ini hanyalah 2.000 orang.

“Insyaallah mulai Jumat ini kita membuka shalat Jumat dan memberlakukan kapasitas maksimum 50 persen,” ujarnya, dilansir dari Antara.

Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jakarta, masjid ini hanya menggelar shalat jamaah untuk internal.

Untuk sementara ini pihak masjid belum memberlakukan syarat membawa surat vaksinasi.

“Sementara belum diberlakukan, tetapi mulai besok, akan kami umumkan di masjid. Sertifikat vaksin akan mulai diberlakukan pada bulan September,” tegasnya. P

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah mengizinkan kegiatan peribadatan secara kolektif di rumah ibadah, tetapi dengan pembatasan jumlah peserta yang tidak melebihi dari setengah kapasitas rumah ibadah.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 987 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 pada 16-23 Agustus 2021.

(Achmad Hudori )