Maksimalkan Penggunaan Dana Desa Menuju Bowongkulu Unggul dan Sejahtera

104
berantasonline.com (SULUT)
24 Desa di Kecamatan Tabukan Utara Kab Sangihe saling berinovasi melakukan terobosan-terobosan dalam membangun kampungnya lewat ADD dan DD yang dikucurkan dari APBD maupun APBN.

Seperti halnya di Desa Bowongkulu dibawah kepemimpinan Kapitalaung (Opla) Mario Dalope, berbagai pembangunan fisik terus dilaksanakan.

Sebagai contoh, saat ini sedang dilaksanakan pembangunan talud tebing tanah tahap II sepanjang 27 meter. Juga pembangunan talud salasar yang dibangun antara perbatasan Desa Petta Induk dan Bowongkulu yang telah disepakati bersama Majelis Tua-tua Kampung (MTK) masyarakat kapitalaung.

Seluruh pembangunan dituangkan dalam RKP berita acara dan dipublikasikan via baliho APBKam yang dipampang di kantor desa, agar seluruh masyarakat bisa melihat anggaran bahkan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, “Karena transparansi maupun keterbukaan informasi itu wajib”, ujar Opla Mario.

Opla Mario Dalope menegaskan, berbagai hal yang telah dilakukan semata mata untuk kesejahteraan masyarakat menuju Bowongkulu Unggul SDM Sejatehra dan Maju. “Sinkronisasi antara masyarakat dan pemerintah perlu terjalin dengan baik”, kata Dalope.

Opla menambahkan, pemerintah kampung juga akan berusaha menampung aspirasi dari masyarakat lewat musyawarah maupun masukan secara langsung, untuk menentukan mana yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan pembangunan.

“Program Bumdes untuk masyarakat berupa TV Kabel juga sudah dijalankan, dan sekarang telah memiliki pelanggan hampir 50 kepala keluarga dengan iuran 20 ribu per KK, kalau ada masyarakat yang ingin memasang silahkan hubungi pengurus Bumdes untuk melengkapi persyaratannya”, tutup Dalope.
(Handry/Gops)