Mahasiswa Keimyung University Korea Selatan KKN di SDN Cikeas 3 Sukaraja Bogor

125

berantasonline.com (Bogor) – Mahasiswa dari Keimyung University Korea Selatan melalukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SDN Cikeas 3 Sukaraja Bogor yang berlangsung selama 14 hari.

Sebanyak 32 mahasiswa Keimyung University Korea Selatan yang didampingi 3 orang dosen pembimbing melakukan KKN di mulai dari tanggal 27 Juni – 9 Juli 2018. Kegiatan KKN tersebut merupakan bentuk kerjasama Negara Korea Selatan dengan Indonesia dibidang pendidikan.

Kepala Sekolah SDN Cikeas 3, Encep Burhanudin, MPd mengatakan para mahasiswa dari Keimyung University Korea Selatan dalam kegiatan KKN di SDN Cikeas 3 itu merupakan salah satu program universitas di Korea Selatan untuk mengetahui tentang proses pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

Kepsek SDN Cikeas 3, Encep Burhanudin, MPd (kanan) dan dosen pembimbing KKN mahasiswa Keimyung University.

“Selain untuk mengetahui pelaksanan pendidikan dasar di Indonesia, para mahasiswa Keimyung University juga membantu sekolah dalam mengembangkan sarana dan prasarana sekolah, seperti pengecetan pagar sekolah dan penyediaan sarana MCK yang bersih dan sehat,” kata Encep kepada berantasonline.com, Selasa (17/7).

Selain itu, kata Encep, para mahasiswa juga mempelajari budaya lokal dan pengenalan masyarakat di sekitar sekolah. Kehadiran mahasiswa Keimyung University dinilai banyak manfaat yang diberikan bagi sekolah, terutama dibidang pendidikan sangat membantu dalam memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM).

“Walaupun hanya dua Minggu, kegiatan KKN mahasiswa Keimyung University Korea Selatan di SDN Cikeas 3, sangat berarti bagi sekolah, selain bisa menambah wawasan guru dan siswa, juga bisa mengenal budaya, bahasa hingga makanan orang Korea Selatan,” jelasnya. (Manan)