Lomba Debat Tingkat SMA se Bogor Raya, Ciptakan Generasi Muda yang Kreatif dan Kritis

34

berantasonline.com (KOTA BOGOR) – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pakuan (Unpak) Bogor menggelar lomba debat tingkat SMA, SMK, dan MA se-Bogor Raya dengan bingkai “Meningkatkan cara berpikir generasi muda yang kritis dan terstruktur di era globalisasi”.

Kegiatan tersebut digelar di lantai 10 Gedung Graha Pakuan Siliwangi, Universitas Pakuan Bogor, Senin (15/10/2018).

Pada kegiatan tersebut, diberikan pemahaman agar para peserta yang merupakan para generasi muda penerus bangsa untuk selalu mengasah kemampuannya dalam menanggapi isu yang terjadi di Indonesia dengan baik.

“Di sini lebih banyak kita memberikan pemahaman bagaimana mereka cara berdebat dan cara mempertahankan argumen. Kami memberikan tema yang general agar peserta yang datang untuk sama-sama paham bisa memberikan argumentasi mereka dan sanggahan-sanggahan mereka,” ungkap Ketua pelaksana Julio Germia kepada wartawan.

Menurutnya, pemuda-pemudi itu harus mengasah serta berpikir kreatif dan kritis menanggapi hal-hal yang terjadi di Indonesia saat ini.

Di tempat yang sama Rektor Unpak Bogor Bibin Rubini menjelaskan bahwa dirinya “sangat menghargai” diadakannya lomba tersebut.

“Karena dalam masa sekarang ini bagaimana para penerus bangsa untuk mencari solusi dalam mengatasi persoalan. Jadi mereka belajar jangan hanya mencari persoalan tapi mencari solusi dalam memecahkan masalah-masalah yang kita hadapi,” jelas Bibin.

Penyerahan Cinderamata dari Rektor Unpak kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor H. Fahrudin

“Debat itu untuk saling berbagi pengalaman, berbagi pemikiran dan berbagi solusi dalam menyelesaikan masalah. Kita mempersiapkan generasi muda yang lebih baik, mereka itu adalah calon-calon pemimpin bangsa yang Insya Allah akan menjadi orang yang menerima estafet kepemimpinan dan mereka harus lebih bagus dari kita,” harap Bibin.

(DG79)