Lewat Program BSPS, Dinas PUPR Pinrang Ciptakan Rumah Layak Huni

71
Kabid Perumahan dan Pemukiman Dinas PUPR Kab. Pinrang A Pahlevi, ST

Pinrang Berantas Online — Kabupaten Pinrang tahun depan bakal kebagian Program Bantuan Stmulan Perumahan Swadaya yang diluncurkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PU/PR.

Program ini merupakan salah satu skema bantuan untuk menghadirkan kegiatan rumah swadaya yang juga merupakan solusi penanganan rumah yang tak layak huni yang hingga saat ini masih terbilang
banyak di daerah ini, program ini kemudian diteruskan ke pemerintah Provinsi atau kabupaten untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

” BSPS ini merupakan bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk meningkatkan ke swadayaan pembangunan atau peningkatan kualitas rumah beserta sarana. prasarana serta utlitas umumnya ” ujar Kepala Dinas PU/PR kabupaten Pinrang melalui Kabid
Perumahan dan Pemukiman A Pahlevi, ST kepada Berantas Online Senin, 10/12/2018.

A. Pahlevi menjelaskan bahwa program ini juga terkaver di daerah melalui sokongan APBD DAK Infrastruktur tahun 2019 yang telah melalui persetujuan pemerintah pusat dimana pemkab Pinrang  mengalokasikan anggaran sebesar 2 Milyar lebih untuk program bedah rumah dengan sasaran 150 unit rumah di Kecamatan Paleteang.

“Program ini adalah keberlanjutan dari program sebelumnya dan juga sejalan dengan target pusat guna menjadikan rumah yang tak layak huni menjadi layak huni yang tentu saja dibarengi kriteria-kriteria yang ada ” sambung A Pahlevi.

Untuk diketahui bahwa dalam prosesnya guna memperoleh program ini harus sesuai dengan mekanisme dimana usulan calon penerima bantuan harus melalui usulan dan verifkasi oleh tim yang telah dibentuk untuk selanjutnya di SK kan oleh pemerintah kabupaten dalam hal ini Bupati.

(JAY)