Layanan Adminduk di Kabupaten Sukabumi Kini Lebih Mudah, Murah dan Cepat

40

berantasonline.com (sukabumi)

Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merubah strategi pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan catatan sipil untuk masyarakat Kabupaten Sukabumi dalam masa pandemi covid-19

“Di masa pandemi covid 19, setiap Perangkat Daerah harus memiliki inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat, masyarakat harus terlayani dengan baik, mudah, murah, dan cepat, tetapi tetap menggunakan protokol kesehatan” jelas Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami di Pendopo Sukabumi, Jum’at (19/06/2020)

Seperti pelayanan Adminduk, Bupati meminta Dinas Kependudukan menerapkan solusi dan inovasi baru dengan melakukan beberapa langkah proaktif dan antisipatif di dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi Drs. Iwan Kusdian, MM menjelaskan, bahwa sesuai perintah Bupati Sukabumi dirinya merubah strategi dan inovasi dalam melakukan pelayanan terhadap Administrasi Kependudukan sehingga masyarakat bisa terlayani dengan cepat.

Selain pelayanan Mopeling Sarasa (Motor Pelayanan Keliling Saba Rahayat Desa) kegiatan lain juga melalui Optimalisasi Pelayanan Online melalui Website resmi Disdukcapil untuk dapat mengurangi kepadatan pemohon dengan melakukan pendaftaran dan mengupload berkas persyaratan terlebih dahulu pada website.

“Pelayanan Mopeling (Mobil Pelayanan Keliling) di luar kantor. Saat ini menginjak minggu kedua pelayanan khusus pendaftaran pencetakan bagi pemegang SUKET dan pembagian KTP-Elektronik di GOR Pemuda Cisaat, Pencetakan KTP Elektronik secara masal untuk kategori Print Ready Record (PRR), yaitu data penduduk yang telah melakukan perekaman namun belum mendapatkan KTP Elektronik” jelas Iwan Kusdian di Pendopo Sukabumi.

Selanjutnya, Menurut Iwan, Untuk pelayanan pengaduan Dinas kependudukan dan catatan sipil memanfaatkan jejaring media sosial Melalui Fanspage Faceebook dan Twitter @dukcapilkabsmi

“sementara untuk Persiapan Program Pelayanan Adminduk melalui Whatsapp untuk saat ini dikhususkan untuk melayani permohonan pencetakan KTP-Elektronik bagi pemegang SUKET (Surat Keterangan Pengganti KTP Elektronik) sebagai bagian dari program penuntasan pencetakan SUKET secara nasional (Admin/RTS)” jelasnya.

Iwan menambahkan, ” jika ada masyarakat yang tidak mampu datang dan membutuhkan pelayanan khusus saya siap memberikan pelayanan kepada masyarakat” pungkasnya.

(Alex)