Launching dan HUT I PSC 119 Warnai HKN di Kabupaten Pinrang

60

berantasonline.com (Sulsel) — Program Public Safety Center (PSC) 119 yang digagas Pemerintah Kabupaten Pinrang agaknya terus menampakkan eksistensinya.

Buktinya, meski masih terbilang baru, namun secara bertahap layanan Public Safety Center atau disingkat PSC 119 telah mulai beroperasi sejak beberapa waktu yang lalu dengan menggelar berbagai aksi sosial dan kemanusiaan dalam kaitan tindakan kegawatdaruratan di bidang medis diantaranya adalah dengan mengirimkan relawan dan dan tenaga medis ke daerah korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui program PSC 119 sendiri adalah bagian dari Program tanggap Kegawatdaruratan atau disingkat PSC 119, yang digagas Pemkab Pinrang melalui Dinas Kesehatan yang secara organisasi Bupati Pinrang H.A. Aslam Patonangi serta Kadis Kesehatan Drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes menaungi selaku pembina.

Seperti diakui Ketua PSC 119 Pinrang Dr.H.Ramli Yunus bahwa PSC 119 ini saat perayaan HKN ke 54 yang di Peringati beberapa hari yang lalu ikut di Launching dan diperigati hari jadinya yang pertama oleh Bupati Pinrang DR. H.A. Aslam Patonangi, SH dan juga Bupati terpilih Pinrang 2019-2024 H.Andi Irwan Hamid, S.Sos, Unsur Forkopimda para pimpinan SKPD termasuk Kadis Kesehatan Drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes beserta jajarannya.

Dr. H. Ramli Yunus kepada media menjelaskan bahwa di HUT yang pertama ini PSC 119 tetap eksis dan bermanfaat buat masyarakat ” semoga dengan momentum HUT yang pertama ini PSC 119 Pinrang tetap eksis dan bermanfaat buat warga Pinrang utamanya buat warga yang membutuhkan bantuan kegawatdaruratan kecelakaan lalu lintas di jalan raya termasuk tindakan gawat darurat medis lainnya ” ujar dokter yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinkes Pinrang ini.

“Hal yang tak kalah pentingnya adalah bahwa semoga di tahun 2019 mendatang lembaga PSC 119 Pinrang ini sudah bisa memiliki posko yang representatif termasuk armada kendaraan operasional baik roda 2 maupun roda 4 demi mendukung kelancara program ini yang selalu siap bekerja secara 24 jam” tambahnya.

Acara Launching dan HUT pertama ini diwarnai dengan berbagai kegiatan diantaranya adalah pemberian sertifikat untuk anggota PSC 119 sebagai relawan korban gempa/tsunami di Palu, Sigi dan Donggala, Pemasangan PIN PSC 119, pelepasan balon PSC 119 ke udara, serta ikut devile dan jalan santai dalam rangka HKN.

(JAY)