Latihan Pra Ops Mantap Praja Muara di Kab Kampar

80

berantasonline.com (Kampar Riau)

Gelar Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Tahun 2018 dalam rangka persiapan Pengamanan Pemilukada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Kabupaten Kampar, Rabu (24/1) dilaksanakan  di Gedung Serbaguna Polres Kampar.

Kegiatan Lat Pra Ops ini dibuka oleh Kabag Ops, Kompol. Franky Tambunan, ST, yang mewakili Kapolres Kampar, didampingi Ketua KPUD Kampar, Yatarullah Sag, SH, M. Hum, dan Ketua Panwaslu Kampar Marhaliman, SE.

Peserta Lat Pra Ops terdiri Pejabat Utama Polres Kampar dan seluruh Perwira Polres, Para Kapolsek dan Kanit Polsek Jajaran Polres Kampar serta personel lainnya yang terlibat dalam Operasi dengan jumlah keseluruhan sekitar 200 orang.

Acara pembukaan Lat Pra Ops ini diawali Laporan Perwira yang ditunjuk, kemudian pembacaan do’a dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, setelah itu pemasangan tanda peserta Lat Pra Ops kepada perwakilan peserta yaitu Ipda Musliono dan Bripda Jhoni Hasibuan oleh Kabag Ops Polres Kampar Kompol Franky Tambunan ST.

Kabag Ops Polres Kampar dalam sambutannya mengatakan ucapan terimakasih kepada Ketua KPUD dan Panwaslu Kampar, serta seluruh peserta Lat Pra Ops yang telah berkenan menghadiri kegiatan tersebut. Kompol Franky  menyampaikan permohonan maaf dari Kapolres Kampar yang tidak dapat hadir karena sedang mengikuti kegiatan diluar daerah.

Kegiatan Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018 di Polres Kampar ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 24 s/d 25 Januari 2018 dengan tema “Melalui Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018 mewujudkan Polri yang Promoter siap mengamankan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018″

Operasi Kepolisian dengan sandi Mantap Praja Muara Takus 2018 ini bertujuan untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018.

Ketua KPU Kab. Kampar Yatarullah, S.Ag, S.H, M.Hum menyampaikan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2018. “Tahun ini merupakan tahun politik, kita tidak hanya melaksanakan tahapan Pilgubri tetapi sudah memasuki tahapan Pemilu Legislatif”,ujarnya.

Selanjutnya  Ketua Panwaslu Kab. Kampar  Marhaliman, SE.dalam pengarahannya antara lain mengatakan Panwaslu Kab. Kampar

merupakan lembaga yang bertugas mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada, menerima laporan dugaan pelanggaran, serta melaporkan setiap kegiatan Pilkada kepada Bawaslu Provinsi Riau,saat ini tahapan Pilgubri sudah memasuki tahap Penelitian dan Pencocokan data.

Dikatakan Panwaslu Kab. Kampar juga berkewajiban memberikan pemahaman politik kepada masyarakat, serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan tahapan Pilgubri,ujar Marhaliman.

Kasat Intelkam Polres Kampar AKP. Edi Junaidi, SH, dalam kesempatan yang sama memaparkan i fungsi dan peranan Intelijen dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018.

Selanjutnya seusai Istirahat Shalat dan makan, Kasat Sabhara Polres Kampar, AKP. Hermawan, menyampaikan paparan tentang sasaran operasi dalam rangka pengamanan Pilgubri dan Wagubri Riau 2018 meliputi orang, barang/benda, tempat atau lokasi serta kegiatan.

Kabag Ops Polres Kampar, Kompol. Franky Tambunan, ST, menyampaikan” persiapan Polres Kampar dalam pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 khususnya dalam hal Pola Pengamanan TPS serta kesiapan personil,” ujarnya. (Robinson Tambunan)