Kue Apangi Meriahkan Hari Assyura Desa Bakti Gorontalo

59

berantasonline.co. (Kabgor) – Perayaan 10 Muharam atau yang kita kenal dengan hari Assyura di Mesjid AL – Munawir satu desa bakti kecamatan pulubala kabupaten gorontalo sangat berbeda dari hari biasa.

Perayaan 10 Muharam di dusun jalan raya desa bakti tersebut selain dengan hidangan Kue Apangi di hari Assyura, para tokoh Adat dan tokoh masyarakat juga melakukan Dzikir bersama dan Doa.

Sebagaimana pantauan berantasonline.com, Kamis 20/9, Hari Assyura 10 Muharam di Mesjid Al – Munawir Satu desa bakti berlangsung meriah dengan kue apangi sejak pukul 19 : 00 wita atau selesai Sholat Isa menarik perhatian bagi pengunjung.

Hadir dalam pelaksanaan 10 Muharam di mesjid al munawir satu desa bakti ketua Badan Takmirul Mesjid, Imam Desa dan benerapa tokoh agama yang melakukan dzikir bersama yang yakni, ibu Harijah Bakari, uztad Saprudin Abdullah dan Akuba Antu.

10 muharam di mesjid Al Munawir Satu dusun jalan raya tersebu dihadiri langsung oleh camat pulubala Ny. Karlina Ekie, S.Pd MH yang di wakili oleh Kamarudin Mobiliu, S.Pd, yang di dampingi oleh Mahmud Lamadi ketua pemangku adat (Bate Pulubala), imam mesjid Al Munawir Satu uztad Soni Ibrahim, Ibrahim Salehe, Adnan Sauwwali, ibu-ibu pkk desa bakti yakni ibu Hadijah Abdullah, Fitri Paramata,, Murtin Abdullah beserta ibu-ibu PKK lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Camat Pulubala kabupaten gorontalo Ny. Karlina Ekie, S.Pd MH melalui Kamarudin Mobiliu, S.Pd mengatakan, Perayaan 10 muharam atau dikenal hari Assyura terselenggara dengan mudah di karenakan masyarakat dusun jalan raya desa bakti memiliki kerjasama yang erat.

“Kami tidak menyangka masyarakat dusun jalan raya satu desa bakti menyediakan berbagai macam masakan terutama kue apangi yang dibawah ke mesjid ini yang kemudian dihidangkan kepada tamu mesjid. Kami sangat berharap, agar perayaan 10 muharam atau hari Assyura ini agar selalu dilaksanakan secara rutin setiap tahun”, ujarnya kepada koran berantas belum lama ini.

(Idrak/Yusuf)